Cara Hilangkan Kebiasan Ngompol Pada Anak

by -
Ngompol Pada Anak
Ngompol Pada Anak

fajarpapua.com – Kebiasaan ‘ngompol’ yang terjadi baik pada anak maupun orang dewasa tentunya bisa sangat mengganggu kualitas tidur. Untuk itu, sebaiknya kenali bagamana cara menghilangkan kebiasaan tersebut agar kualitas tidur jauh lebih baik.

Secara medis, kebiasaan ‘ngompol’ ini juga dikenal dengan istilah enuresis. Kondisi ini bisa terjadi ketika seseorang sudah tidak dapat menahan keluarnya air kencing.

Pada balita, kebiasaan ‘ngompol’ ini merupakan hal yang normal terjadi. Namun, jika kebiasaan ini juga dialami oleh anak usia 5 tahun keatas bahkan orang dewasa, maka harus segera ditangani dengan baik.

Mengutip dari laman Sleep Foundation, ternyata kebiasaan ‘ngompol’ ini bisa menyebabkan anak terbangun dari tidurnya, sehingga bisa memicu gangguan tidur jangka panjang. Sering kali, bahkan anak akan sulit untuk tertidur kembali.

Selain itu, kebiasaan ‘ngompol’ ini juga bisa memicu perasaan cemas yang membuat anak sulit tidur. Namun jangan khawatir, karena kebiasaan ini bisa diatasi. Berikut ini akan dijelaskan beberapa cara untuk menghilangkan kebiasaan ‘ngompol’.

  • Buat Catatan Pada Kalender

Mencatat waktu mengompol tentu bisa membantu orang tua dalam memahami masalah yang terjadi pada anaknya dengan baik, sekaligus mampu mengidentifikasi pemicu dari kebiasaan tersebut. Orang tua juga bisa membuat sebuah kalender ‘ngompol’ dengan anak.

Berikan anak target dan penghargaan ketika mereka sudah berhasil memenuhi target untuk tidak mengompol lagi. Cara ini dianggap bisa menjadi salah satu terapi perilaku.

  • Ciptakan Kebiasaan Tidur yang Baik

Meningkatkan kebiasaan tidur yang baik tentunya bisa meningkatkan control atas kandung kemih di malam hari. Biasakan anak untuk tidur dan bangun secara teratur, dengan membuat rutinitas sebelum tidur, menciptakan lingkungan tidur yang nyaman, dan bebaskan anak dari gadget satu jam sebelum tidur.

  • Tidak Minum Selama 1 Sampai 2 Jam Sebelum Tidur

Jika dimungkinkan, maka usahakan agar anak tidak minum selama 1 sampai 2 jam sebelum tidur. Hal ini sangat penting dilakukan untuk memastikan bahwa anak tetap terhidrasi dan minum secara teratur untuk menghindari rasa haus berlebihan menjelang waktu tidur.

Selain cara diatas, Bunda juga bisa menerapkan kegiatan buang air kecil terlebih dahulu sebelum tidur pada anak. Dengan begitu, maka anak pun akan terbiasa untuk tidak ‘ngompol’ lagi.

INFO IKLAN 0812-3406-8145