Menikmati Aunu Senebre, yang Jadi Kuliner Khas Papua

by -
Aunu Senebre
Aunu Senebre

Membicarakan kuliner Papua, menu makanan yang paling familiar adalah papeda. Memiliki cita rasa menarik dan tampilan yang unik, papeda juga banyak dikenal dengan cara konsumsinya yang terkesan berbeda. Selain papeda, ada menu yang juga tidak boleh Anda lewatkan ketika berkunjung ke Papua yaitu mencicipi aunu senebre sebagai menu menarik lainnya.

Setiap daerah memiliki ciri khas kuliner yang masing-masing cenderung menggunakan bahan tertentu. Contohnya pada menu satu ini, bahan utamanya berupa irisan daun talas dengan campuran ikan teri nasi.

Dilengkapi Menu Umbi-Umbian

Sama seperti papeda, umumnya aunu senebre pun dimakan bersamaan dengan menu umbi-umbian, serta sup ikan. Cita rasa campuran menu tersebut sangat unik, asin, gurih, dan sedikit sentuhan rasa manis. Untuk membuat menu ini pun tidak begitu sulit, Anda bisa coba memasaknya sendiri bila tertarik dengan kuliner dari Papua.

Cukup siapkan daun talas berbatang yang kemudian diiris tipis lebih dulu, garam secukupnya, kelapa parut bertekstur kasar, dan ikan teri nasi yang sudah digoreng setengah matang. Aunu senebre menjadi lauk pauk yang bisa Anda konsumsi dengan menu umbi-umbian seperti ubi, talas, dan singkong.

Cara Mudah Membuat Aunu Senebre

Ingin coba membuatnya sendiri? Langkah-langkah pada cara pembuatan makanan satu ini sangat singkat. Pertama, rebus lebih dulu daun talas. Pastikan daun talas dan batangnya menjadi lebih lembek yang kemudian diiris tipis.

Siapkan alat kukusan, kukus irisan daun talas yang sebelumnya sudah direbus bersama dengan garam, teri nasi. Pada dasarnya aunu senebre merupakan kukusan ikan teri dengan tekstur lembut yang memiliki cita rasa asin gurih, sehingga saat jadi menu lauk pauk atau pendamping lebih mudah untuk dikonsumsi dan kelezatannya mudah menyatu.

Aroma dan daun talas sendiri sedikit pedas, maka irisan daun ini memberikan kelengkapan rasa unik pada sajian aunu senebre dari papua. Daun talas memiliki fungsi bagi kesehatan tubuh antara lain bersifat anti radang dan mampu mengurangi pembengkakan.

Perlu diperhatikan bila Anda memiliki alergi, daun talas bisa menimbulkan rasa gatal. Jangan lupa hilangkan urat pada daun untuk kurangi rasa pahit.

INFO IKLAN 0812-3406-8145 banner 300250