Polsek Kawasan Pelabuhan Merauke Bagi-Bagi Sembako dan Masker kepada TKBM

by -
Kapolsek Iptu Muh. Lalang SE membagikan sembako dan masker
Kapolsek Iptu Muh. Lalang SE membagikan sembako dan masker

Merauke, fajarpapua.com – Wujud kepedulian sosial di tengah pandemi Covid-19, Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan Merauke membagi-bagikan sembako berupa beras dan masker kepada tenaga kerja bongkar muat (TKBM) di Pelabuhan Yos Soedarso, Merauke, Selasa (31/8).


Kapolsek Kawasan Pelabuhan Merauke, Iptu Muhammad Lalang, SE mengatakan, kegiatan pembagian masker dan sembako itu bertepatan dengan hari embarkasi kapal putih, KM Leuser yang masuk di dermaga Pelabuhan Yos Soedarso, sehingga aktivitas masyarakat begitu banyak.


“Kami mengambil momen ini, supaya masyarakat terus patuh terhadap protokol kesehatan (Prokes), apalagi kita saat ini masih di tengah pandemi Covid-19. Inilah bentuk kepedulian kami khususnya Polsek KP3 Laut Wilayah Polres Merauke,” ungkap Kapolsek Muhammad Lalang kepada wartawan di sela-sela pembagian.
Dia menyebutkan, target atau sasaran utama dalam kegiatan sosial itu adalah para buruh (TKMB). Mengingat dari segi kehidupan ekonomi di tengah pandemi, para buruh sangat sulit dalam pemenuhan kebutuhan ekonomi sehingga layak dibantu.


“Kegiatan-kegiatan seperti ini sering kami lakukan, namun tidak terekspos. Kalau ini sudah menjadi konsumsi kami, mungkin setiap bulannya kita akan melakukan kegiatan seperti ini. Tujuannya, yakni membangun kerjasama antar Polsek Pelabuhan dengan masyarakat di wilayah pelabuhan. Berikutnya kami ingin membangun hubungan emosional dengan masyarakat guna menciptakan kondisi kamtibmas yang baik. Alhamdulillah, puji Tuhan sampai saat ini hubungan kami dengan masyarakat tetap terjalin baik,” kata Muhammad Lalang.


Bantuan sosial tersebut, lanjutnya, bersumber dari swadaya internal Polsek Kawasan Pelabuhan Merauke baik melalui pengumpulan dari personel Polsek secara sukarela maupun kelebihan rezeki yang dimiliki kemudian disisihkan untuk membantu para TKBM. Hasil pengumpulan beras secara sukarela berhasil diperoleh sebanyak 200 kilogram.

“Jadi dari anggota polisi sendiri yang mengumpulkan beras-beras itu. Setelah dikumpulkan, kami bisa dapatkan sekitar 200 kilogram beras kemudian dibagikan kepada masyarakat buruh. Intinya kami bersedekah kepada masyarakat yang membutuhkan. Mudah-mudahan ini bisa berkelanjutan, selama masa pandemi ini. Yang kami dapat kumpulkan sesuai kemampuan kami, itulah yang kami salurkan.

BACA JUGA:  7 Hari pencarian, Nahkoda Kapal Ringgo Natuna Akhirnya Ditemukan Tak Bernyawa


“Selebihnya kalaupun ada partisipasi dari masyarakat lain yang mau menyumbang rezeki kepada kami untuk disalurkan, ya silahkan. Kami siap menyalurkan apa saja yang disumbangkan sebagai bentuk dari rasa kepedulian kepada mereka yang memiliki kesulitan secara ekonomis,” ucapnya.


Disinggung terkait pengawasan Polsek Pelabuhan Merauke terkait penduduk yang baru datang dari luar daerah menggunakan armada laut, pihaknya mengaku selalu melakukan pengawasan yang ketat dengan bekerja sama dengan pihak Pelni dan stakeholder terkait di pelabuhan untuk menekan angka penularan wabah Covid dari luar daerah ke Merauke.


“Jadi semua stakeholder yang ada di sini saling bekerja sama dan tetap terus melakukan pengawasan bagi pendatang baru dari luar terutama penumpang turun dari kapal maupun yang berangkat. Jadi sistemnya, yang keluar silahkan kalau memenuhi syarat Prokes, tidak ada masalah. Begitu pula kalau yang mau masuk, pasti dilakukan ‘tracing’ terlebih dahulu oleh dinas kesehatan pelabuhan terutama para penumpang kapal dan kami pun mendampinginya.


Tidak ada satu pintu pun penumpang bisa keluar bebas atau bisa bermain mata dengan petugas. Kami ‘tracing’ untuk menutup akses penumpang bisa keluar masuk bebas. Tetap satu pintu yang mengarah kepada petugas kesehatan. Kalau pemeriksaan barang bawaan untuk sementara, kami tidak temukan apa-apa. Namun kalau ada tanda-tanda ada barang mencurigakan, para TKBM selalu memberi informasi kepada kami. Inilah bentuk kerjasama kami dengan para TKBM,” tutupnya. (hrs)

INFO IKLAN 0812-3406-8145 A valid URL was not provided.