BERITA UTAMAGEBYAR PON PAPUAMIMIKA

Lomba Terbang Layang Dihadang Hujan, Ini Prediksi BMKG Terkait Cuaca Mimika Empat Hari Kedepan

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
7
×

Lomba Terbang Layang Dihadang Hujan, Ini Prediksi BMKG Terkait Cuaca Mimika Empat Hari Kedepan

Share this article
Persiapan lomba terbang layang
Persiapan lomba terbang layang

Timika, fajarpapua.com – Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Mimika, Okto Firdaus F. Rianto mengatakan selama empat hari kedepan Timika masih berpotensi diguyur hujan.

Kondisi ini sangat berpengaruh pada pelaksanaan pertandingan cabang olahraga aerosport terutama cabang Terbang Layang.

ads

“Kondisi ini terjadi karena angin gunung (lokal) yang menyebabkan terjadinya hujan,” ujar Rianto saat ditemui fajarpapua.com di ruang kerjanya, Kamis (23/9).

Dikatakan, mengantisipasi terjadinya hujan saat pertandingan, pihaknya telah menyiapkan tim yang selalu berkoordinasi dengan panitia lomba di lapangan.

“Sebelum pertandingan dimulai kita sudah menugaskan staf kita melakukan briefing ke panitia lomba, nanti disitu akan disampaikan bagaimana cuacanya, untuk mengantisipasi hujan saat pertandingan akan kita infokan tiga jam sebelumnya. Kita analisa apakah tiga jam kedepan terjadi hujan atau tidak,” katanya.

“Namun, tiga hingga empat hari kedepan dipastikan cuaca sama seperti hari ini, bisa cuaca cerah tapi tidak lama, dan kemungkinan hujan,” tambahnya.

Lanjut dia, memasuki bulan Oktober curah hujan mulai berkurang, namun memasuki bulan Desember curah hujan makin tinggi disertai angin dan petir.

“Menjelang Oktober mulai berkurang, Oktober nanti cenderung cerah, untuk Timika trendnya cerah pada bulan Oktober dan November, Desember hingga Maret curah hujan lebih tinggi disertai angin dan petir,” ucapnya. (feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *