BERITA UTAMAMIMIKA

Permudah Layanan Adminduk, Distrik Mimika Baru Tempatkan Mesin Print e-KTP di Kelurahan Dingo Narama

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
9
×

Permudah Layanan Adminduk, Distrik Mimika Baru Tempatkan Mesin Print e-KTP di Kelurahan Dingo Narama

Share this article
Kadistrik Mimika Baru, Dedi Damhudi Paokuma SE, MSi.
Kadistrik Mimika Baru, Dedi Damhudi Paokuma SE, MSi.

Timika,fajarpapua.com – Untuk memudahkan layanan administrasi kependudukan (Adminduk) Pemerintah Distrik Mimika Baru dalam waktu dekat akan memasang satu unit mesin print e-KTP di Kelurahan Dingo Narama.

Ads

Dengan pemasangan mesin ini, nantinya masyarakat setempat tidak perlu lagi ke kantor distrik atau ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mimika untuk memperoleh kartu kependudukan.

Kadistrik Mimika Baru, Dedi Damhudi Paokuma, SE MSi kepada fajarpapua.com, Rabu (29/9) menuturkan program ini merupakan yang pertama di Distrik Mimika Baru.

“Ini bagian dari inovasi yang kami lakukan untuk memudahkan layanan bagi masyarakat di Mimika Baru,” ujarnya saat ditemui di Gedung DPRD Mimika.

Dedi menuturkan awal mula tercetusnya ide untuk memasang mesin print e-KTP saat dirinya bersama Kadisdukcapil Mimika Slamet Soetedjo, bertemu dengan Dirjen Kependudukan Depdagri.

“Saat itu Dirjen menyarankan untuk memasang mesin print e-KTP di distrik maupun keluarahan guna memudahkan pelayanan serta untuk mempercepat proses pengurusan Adminduk,” ujar Dedi.

Berdasar masukkan tersebut lanjut Dedi, dirinya kemudian memutuskan membeli satu mesin print e-KTP dan menurut rencana akan dipasang di Kelurahan Dingo Narama.

Namun demikian ujarnya, mesin print e-KTP juga tidak hanya terbatas melayani warga Kelurahan Dingo Narama tetapi bisa melayani wilayah lainnya seperti Koperapoka, Kwamki, Kebun Sirih.

“Rencananya pada Oktober mendatang, kita akan melaunching penggunaan mesin ini,” tuturnya.

Jika pelayanan Adminduk di Kelurahan Dingo Narama berjalan baik serta dimanfaatkan oleh warga termasuk kelurahan tetangga lanjutnya, maka tahun depan distrik akan mengusulkan penambahan alokasi dana pengadaan mesin print e-KTP dalam APBD Tahun 2022.

“Ini bagian dari program inovasi Distrik Mimika Baru dalam rangka mempercepat dan memperpendek pelayanan dokumen kependudukan kepada masyarakat. Inovasi ini akan distrik tingkatkan tiap tahun,” jelas Dedi.

Selain itu Dedi juga mengungkapkan, Disdukcapil Mimika juga akan memasang mesin print e-KTP di Kampung Limau Asri untuk pelayanan wilayah Distrik Iwaka. (mar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *