Jadi Tanaman Primadona, Perkebunan Kelapa Dikembangkan di Sejumlah Distrik di Pesisir Mimika

by -
Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Penyuluh Pertanian sedang menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan DPRD Mimika.
Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Penyuluh Pertanian sedang menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan DPRD Mimika.

Timika, fajarpapua.com- Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Penyuluh Pertanian Kabupaten Mimika terus mengembangkan perkebunan kelapa di sejumlah distrik pesisir.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Penyuluh Pertanian Kabupaten Mimika, Alice Wanma, SKM kepada wartawan usai RDP dengan Komisi B di ruang serbaguna DPRD Mimika kemarin.

banner 300250

Menurut Alice, kelapa saat ini menjadi salah satu komoditas tanaman primadona dan cocok dengan iklim khususnya wilayah pesisir Mimika.

Untuk tahap awal, lanjut Alice, saat ini pihaknya bersama PT Freeport Indonesia (PTFI) mengembangkan perkebunan kelapa di Kampung Tapormai, Mimika Barat Jauh.

“Dinas saat ini bekerjasama dengan PTFI untuk membuka perkebunan kelapa dan baru satu kampung di wilayah pesisir barat yang kami sentuh,” ujarnya.

Kedepannya, jelas Alice, pihaknya juga berencana mengembangkan budidaya tanaman keras terutama kelapa ini di wilayah pesisir timur seperti Manasari, Fanamo, Otakwa, Jita dan Agimuga.

“Juga di wilayah kota dan pinggiran kota yang cocok dengan tanaman kelapa,” kata Alice.

Untuk pengembangan kelapa ini, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Penyuluh Pertanian Kabupaten Mimika juga mendapat kucuran bantuan dari Kementrian Pertanian RI untuk pengadaan bibit kelapa.

“Kelapa juga jadi program unggulan masyarakat pesisir dan tiap tahun dinas terus mendorong untuk program penanaman kelapa selalu ada,” urainya. (mar)

INFO IKLAN 0812-3406-8145 A valid URL was not provided.