BERITA UTAMAMIMIKA

Tadi Malam, Dikawal Polisi, 259 Warga Berkumpul di Balai Kampung Nawaripi, Ternyata Ini yang Dilakukan

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
4
×

Tadi Malam, Dikawal Polisi, 259 Warga Berkumpul di Balai Kampung Nawaripi, Ternyata Ini yang Dilakukan

Share this article
Kepala Kampung Nawaripi, Norbertus Ditubun
Kepala Kampung Nawaripi, Norbertus Ditubun

Timika, fajarpapua.com – Suasana Balai Kampung Nawaripi, Rabu (15/12) malam berbeda dari biasanya. Tampak mobil polisi stand by mengawal ratusan warga yang tumpah ruah di balai kampung tersebut.

Ternyata, moment itu, sebanyak 259 kepala keluarga (KK) di Kampung Nawaripi menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap ketiga tahun 2021 sebesar Rp 900 ribu.

ads

Kepala Kampung Nawaripi Norbertus Ditubun kepada wartawan di BLK Nawaripi, Rabu (15/12) mengatakan KK yang menerima BLT adalah mereka yang tidak menerima BST atau bantuan sosial lainnya.

Selain itu, bagi warga yang belum mendapat hak, nanti tahun 2022 mereka akan terima, termasuk mereka yang ada data di PKH dan memegang kartu merah putih namun selama ini tidak menerima haknya.

“Kami akan koordinasi dengan Dinas Sosial untuk coret nama mereka sebagai penerima PKH supaya mereka bisa terima BLT.
Memang ada warga yang mengaku selama ini tidak terima bantuan apapun karena memang mereka terdaftar di PKH tapi tidak pernah terima dana dan bantuan sembako,” tukasnya.

“Kasihan mereka sudah capai kesana kemari tidak terima apa-apa. Aparat kampung segera berkoordinasi dengan Dinsos supaya mengeluarkan nama mereka dari data Dinsos agar mereka bisa dimasukan dalam data kampung untuk bisa terima BLT,” tambah dia.

Soal pembagian, jelas Norbertus, aparat kampung menyerahkan tugas dan tanggungjawab distribusi ke masyarakat melalui RT-RT.

“RT sebetulnya yang tahu rakyat mereka, sehingga sangat tepat jika RT yang bagi. Saat bagi RT dokumentasi dan yang ambil dana wajib menandatangani bukti penerimaan,” ungkapnya.

Dijelaskan, dalam rangka penertiban administrasi pembagian dana ini sehingga wajib didokumentasikan yang disertai bukti penerimaan.

“Karena bulan Februari dan Meret 2022 nanti pemeriksaan bukti-bukti yang ditunjukan ke BPK. Yang diperiksa selain kepala kampung, penanggungjawab BLT serta RT-RT,” paparnya.

Selain BLT, Kamis pagi akan dilanjutkan dengan vaksin kerjasama Kampung Nawaripi dengan Polres Mimika. Mereka yang divaksin akan mendapat telur satu rak dan minyak tanah 20 liter.

“Bagi warga Nawaripi yang belum vaksin silahkan datang besok (hari ini) pada jam 09.00 pagi. kalau yang sudah vaksin tidak dapat dan bisa pakai beli minyak tanah dan telur,” tukasnya.(mar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *