BERITA UTAMANASIONALPAPUA

Situasi Keamanan di Yalimo Kondusif Pasca Putusan MK Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati

cropped cnthijau.png
5
×

Situasi Keamanan di Yalimo Kondusif Pasca Putusan MK Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati

Share this article
Caption, Personel TNI-Polri saat melakukan pengamanan di Yalimo
Caption, Personel TNI-Polri saat melakukan pengamanan di Yalimo

Jayapura, fajarpapua.com – Situasi keamanan di Kabupaten Yalimo hingga saat ini relatif aman dan kondusif pasca putusan Mahkamah Konstitusi dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Yalimo Tahun 2022.

Penetapan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Yalimo Tahun 2022 tersebut dilaksanakan Kamis (10/3/2022) oleh Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi Perselisihan Hasil Pemilukada Kabupaten Yalimo Perkara Nomor 145/PHP.BUP-XIX/2021 dan Perkara Nomor 154/PHP.BUP-XIX/2022.

ads

Kapolres Yalimo AKBP Hesman S. Napitupulu mengatakan sebelumnya apel gabungan personel TNI-Polri telah dilakukan guna pengamanan Putusan Penetapan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Yalimo.

“Personil yang disiagakan sudah dibagi dalam penempatan titik pengamanan baik di Obyek Vital maupun perumahan masyarakat sebanyak 15 titik, selain itu kami juga membentuk Tim Patroli dan Tim Razia kendaraan serta sajam guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” ucap AKBP Hesman Napitupulu, Jumat (11/3/2022).

Ia mengatakan, tim yang melaksanakan patroli secara mobile di tempat-tempat pemukiman masyarakat dan untuk Tim Razia melaksanakan razia pada setiap kendaraan dengan sasaran Sajam maupun panah.

“Personel kami di Elelim juga memantau aktifitas masyarakat yang menonton live streming pembacaan Putusan oleh Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi Perselisihan Hasil Pemilukada Kabupaten Yalimo Perkara Nomor 145/PHP.BUP-XIX/2021 dan Perkara Nomor 154/PHP.BUP-XIX/2022 yang mana terdapat 3 Titik tempat untuk menonton,”kata Kapolres Yalimo.

Kapolres menambahkan setelah pembacaan Putusan oleh Majelis Hakim yang mana pasangan 01 terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Yalimo Tahun 2022. Mendengarkan putusan tersebut massa pendukung 01 melaksanakan Pawai dengan kendaraan roda 2, roda 4 serta berjalan kaki.

“Situasi hingga saat ini pasca pembacaan Putusan masih terpantau aman dan kondusif dimana masyarakat pendukung 01 melaksanakan pawai dalam rangka merayakan kemenangan pasangan terpilih,” tutup Kapolres.

Kapolres menghimbau agar semua elemen masyarakat dapat menciptakan kan rasa aman dan kondusif pasca penetapan MK, hingga penetapan oleh KPU kabupaten Yalimo hingga pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *