BERITA UTAMAMIMIKA

PLN Subsidi Listrik Hingga Rp 5 Juta Lewat Kuisoner, Halo! Warga Timika Jangan Percaya Itu Hoaks, Ini Faktanya….

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
3
×

PLN Subsidi Listrik Hingga Rp 5 Juta Lewat Kuisoner, Halo! Warga Timika Jangan Percaya Itu Hoaks, Ini Faktanya….

Share this article
Link penipuan
Link penipuan

Timika, fajarpapua.com– Di sejumlah group WhatsApp warga Timika sejak beberapa hari terakhir beredar informasi PLN membagikan subsidi listrik sebesar antara Rp 2 juta hingga Rp 5 juta.

Dari penelusuran fajarpapua.com, Senin (9/5) informasi PLN membagikan-bagikan subsidi listrik yang beredar di masyarakat tersebut beredar melalui tautan “tertiaryparasite.top/pln-76th/tb.php?gjbymmab1651271074345” serta website http://intenseintegral.top/pln76th-ll/tb.php?rqezwold1652045025207.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Wartawan fajarpapua.com yang menelusuri kedua link penyebar Hoaks tersebut mendapati fakta, masyarakat jika tidak jeli memilah informasi dipastikan dapat terkecoh.

Mengapa? Pertama, karena tampilan dari link yang memuat tautan tersebut layaknya website resmi PLN karena di dalamnya menampilkan gambar-gambar gedung atau kantor perusahaan milik negara tersebut.

Kedua, untuk mendapatkan subsidi listrik dari PLN seperti isi tautan tersebut setiap warga hanya cukup mengisi 4 kuisoner yang ada di halaman muka link.

Ketiga, kuisoner dibuat sangat mudah sehingga akan memancing warga untuk mengisinya. Pertanyaannya hanya berupa : Apakah Anda Tahu PLN? Berapa Usiamu? Bagaima Menurut Anda PLN? dan Anda Perempuan atau Laki-laki?

Keempat, setelah mengisi lengkap 4 kuisoner tersebut kemudian akan muncul notifikasi atau pemberitahuan seakan-akan Admin kedua link akan memverifikasi jawaban. Setelah beberapa detik kemudian akan muncul pengumuman bahwa jawaban anda sudah terverifikasi dan diminta memilih hadiah.

Selain itu fajarpapua.com juga mendapati fakta, untuk penerima pesan berantai tersebut, jika ingin mendapatkan subsidi listrik sebesar Rp 5 juta harus membuka link pertama.

Dalam tautan link pertama jika diklik maka muncul halaman situs yang terdapat tulisan sebagai berikut :
“Congratulations! PLN Government Electricity Subsidy!
Through the questionnaire, you will have a chance to get 5000000 Rupiah.”

Sementara untuk mendapatkan subsidi listrik sebesar Rp 2 juta ada di link kedua.

Dimana dalam link kedua jika di klik akan muncul notifikasi tulisan berbahasa Indonesia dengan bunyi sebagai berikut:
Selamat! PLN Subsidi Listrik Pemerintah!
Melalui kuesioner, Anda akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan 2000000 Rupiah .

Benarkah informasi PLN bagikan subsidi listrik sebesar Rp 2 juta hingga 5 juta?

Ternyata informasi tersebut palsu atau Hoaks, hal ini sebagaimana  dikatakan oleh Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PLN, Diah Ayu Permatasari dalam rilisnya.

Diah demikian ia disapa mengatakan, informasi disertai link dengan narasi bahwa PLN bagikan subsidi listrik adalah tidak benar, dan hal itu bukan merupakan broadcast resmi dari PT. PLN (Persero).

PLN mengimbau pelanggan untuk berhati-hati terhadap informasi terkait cara memperoleh subsidi listrik, sebab mengarah pada modus penipuan.

“Seluruh informasi terkait subsidi listrik dan promo PLN dapat dilihat melalui aplikasi PLN Mobile,” kata Diah. (mas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *