BERITA UTAMAMIMIKA

Rayakan Hari Lahir ke-7, KKJB Mimika Gelar Grebeg Suro, Pentas Budaya, Bhakti Sosial Hingga Siapkan Doorprize Satu Ekor Kambing

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
4
×

Rayakan Hari Lahir ke-7, KKJB Mimika Gelar Grebeg Suro, Pentas Budaya, Bhakti Sosial Hingga Siapkan Doorprize Satu Ekor Kambing

Share this article
IMG 20220729 WA0010
Foto: Mas Rapat Koordinasi Panitia Harlah ke-7 KKJB Mimika yang digelar di Kebun Jambu KKJB Cabang Kamoro Jaya, SP 1.

Timika, fajarpapua.com– Grebeg Suro, pentas budaya dan giat sosial serta hiburan akan mengisi perayaan Hari Lahir ke-7, Paguyuban Keluarga Jawa Bersatu Kabupaten Mimika.

Seluruh rangkaian kegiatan yang berlangsung selama dua hari dipusatkan di Panggung Terbuka Graha Eme Neme Yauware Timika pada Sabtu hingga Minggu (30-31/7).

ads

Rangkaian acara hari lahir KKJB Mimika diawali dengan acara bertajuk Grebeg Suro untuk merayakan datangnya Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah.

Kegiatan yang diisi dengan pentas budaya khas Jawa ini menampilkan pagelaran kesenian Kuda Lumping New Turonggo Joyo Putro (NTJP) semalam suntuk.

Selain itu ditengah sesi perayaan Grebeg Suro nantinya juga akan digelar prosesi perayaan Harlah ke-7 KKJB Mimika ditandai dengan pemotongan tumpeng yang diiringi dengan gending Jawa.

Prosesi hari lahir yang digelar pada Sabtu malam itu selain melibatkaseluruh pengurus induk maupun paguyuban, cabang maupun komunitas KKJB Mimika rencananya juga akan dihadiri oleh jajaran Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Kabupaten Mimika.

Ketua Panitia Peringatan Harlah ke -7, Soedarminto kepada fajarpapua.com, Jumat (29/7) mengatakan, hari lahir KKJB Mimika sebenarnya jatuh pada 9 Agustus mendatang.

“Namun karena jarak antara pelaksanaan Grebeg Suro berdekatan dengan hari lahir KKJB Mimika, kemudian diputuskan pelaksanaan kegiatan dilakukan bersamaan,” ujarnya.

Dikatakan pula, pelaksanaan perayaan tersebut melibatkan seluruh cabang, paguyuban dan komunitas yang ada dibawah KKJB Mimika.

“Dari 35 cabang, paguyuban dan komunitas yang tercatat dalam keanggotaan KKJB Mimika sebanyak 31 diantaranya sudah menyatakan ikut dalam kegiatan,” ujarnya.

Sementara untuk hari kedua perayaan yang dilaksanakan pada Minggu (31/7) panitia akan menggelar jalan santai dan bersih kota, senam zumba, donor darah dan pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk).

“Selain itu juga akan diserahkan santunan pendidikan kepada 6 orang siswa berprestasi dari keluarga kurang mampu. Ini merupakan program rutin dari Bidang Pendidikan KKJB Mimika,” kata Soedarminto.

Panitia Hari Lahir ke-7 KKJB Mimika pada hari kedua juga akan menampilkan Pentas Budaya Jawa yang akan diisi penampilan Reog Ponorogo serta Seni Musik Patrol Puspita Arum dari PKJM Jember.

“Untuk seluruh peserta yang hadir, panitia menyiapkan pukuhan dorprize yang menarik dengan hadiah utama satu ekor kambing,” urainya.

Dan diakhir rangkaian kegiatan, para peserta dan warga yang hadir di hari kedua perayaan Hari Lahir ke-7 KKJB Mimika juga akan dihibur oleh penampilan para penyanyi kawakan Timika seperti Leny Ayena, Reva Alfareta dan Devi Arsyavina. (mas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *