BERITA UTAMAPAPUA

Persiapan Peresmian Provinsi Papua Tengah, Pemkab Nabire Siapkan Kantor Sementara untuk 22 OPD

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
7
×

Persiapan Peresmian Provinsi Papua Tengah, Pemkab Nabire Siapkan Kantor Sementara untuk 22 OPD

Share this article
IMG 20220908 WA0084
Foto: Istimewa Pokja II Pengawalan DOB di Papua berpose bersama didepan Kantor Sementara Gubernur Provinsi Papua Tengah di Nabire.

Nabire,fajarpapua.com- Kelompok Kerja (Pokja) II Satuan Tugas (Satgas) Pengawalan Daerah Otonom Baru (DOB) terus mendorong persiapan peresmian Provinsi Papua Tengah.

Untuk mewujudkannya, jajaran pemerintah kabupaten (Pemkab) se-wilayah Papua Tengah diharapkan lebih kompak dan senantiasa menjaga soliditas.

Ads

Direktur Toponimi dan Batas Daerah Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri, Sugiarto selaku Ketua Pokja II mengatakan, jajaran Pemkab terus dipacu untuk mengoptimalkan persiapan peresmian provinsi baru.

Bahkan, kata dia, jajaran Pemkab juga telah sepakat akan membentuk tim persiapan peresmian. Karenanya, dia meminta agar upaya tersebut terus dimatangkan.

Di sisi lain, dia menambahkan pada agenda kunjungan kerja, Pokja II telah menyelesaikan beberapa verifikasi terhadap calon kantor sementara pemerintahan Provinsi Papua Tengah.

Setidaknya berdasarkan data yang dikantonginya, telah tersedia tempat untuk 22 organisasi perangkat daerah (OPD) Provinsi Papua Tengah. Bahkan tempat-tempat tersebut juga telah memenuhi persyaratan.

“Memang ada beberapa OPD yang masih perlu perbaikan. Di situ kita klasterkan ada 3, perbaikan ringan, sedang, dan berat. Dan memang hampir rata-rata posisinya perbaikan sedang,” ujar Sugiarto dalam keterangan persnya saat berada di lokasi calon Kantor Gubernur Papua Tengah, Rabu (7/9).

Dia berharap, jajaran Pemkab Nabire dapat segera membantu perbaikan bakal kantor sementara OPD Provinsi Papua Tengah tersebut.

Sebab, dalam berita acara yang telah ditandatangani jajaran Pemkab se-wilayah Papua Tengah, Pemkab Nabire bertugas untuk membantu perbaikan tempat tersebut.

“Bupati Nabire sudah mulai, melakukan perbaikan-perbaikan. Dan tadi sudah kami sampaikan kembali ke Bupati, untuk fokus (perbaikan tempat untuk OPD),” tambahnya.

Sugiarto berharap, jajaran Pemkab di wilayah Papua Tengah dapat terus melengkapi dokumen terkait maupun kelengkapan lainnya sehingga peresmian dapat dilakukan lebih cepat dan sesuai jadwal.

Ia menegaskan, Pokja II akan terus bekerja keras mengawal transisi DOB hingga peresmian Provinsi Papua Tengah terlaksana.

Pokja II juga akan meninjau tempat dan lahan yang telah dihibahkan oleh masyarakat kepada pemerintah untuk dijadikan Kantor Gubernur Provinsi Papua Tengah. (hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *