BERITA UTAMAMIMIKA

Bersama Lemasa dan Lemasko, Panitia HUT Fakfak Gelar Rakor Sepakat Tampilkan Kesenian Khas Mimika

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
5
×

Bersama Lemasa dan Lemasko, Panitia HUT Fakfak Gelar Rakor Sepakat Tampilkan Kesenian Khas Mimika

Share this article
IMG 20221114 WA0049
Kegiatan Rakor jelang HUT Kabupaten Fakfak.

Fakfak, fajarpapua.com – Panitia perayaan HUT Kabupaten Fakfak ke-122 menggelar rapat koordinasi di Pendopo rumah negara, Senin (14/11/2022). Dalam rakor ini membahas sejumlah hal, seperti kesiapan dan susunan acara yang akan dilaksanakan pada Rabu hingga Jumat (15-17/11/2022) mendatang.

Rakor melibatkan pihak dewan Adat Kabupaten Fakfak, Lembaga Musyawarah Adat Suku Kamoro (Lemasko), Lembaga Masyarakat Adat Suku Amungme (Lemasa), Kerukunan Keluarga Fakfak Mimika serta Humas dan protokoler Pemkab Mimika yang akan menampilkan kesenian dalam gebyar HUT Kabupaten Fakfak itu.

ads

Ketua Panitia, Soleman Suanas, kepada media usai rapat mengatakan, rapat digelar untuk menyatukan persepsi terkait jadwal acara antara dari pihak panitia dan rombongan dari Kabupaten Mimika, di mana akan menampilkan kesenian khas Mimika.

Ia menjelaskan, sebelumnya tidak adanya komunikasi terkait penampilan rombongan dari Mimika dalam mata acara di Hari H nanti. Oleh karenanya pertemuan itu dinilai penting untuk terjaminnya acara yang berkesinambungan.

“Pertemuan ini kelanjutan dari pertemuan tadi malam. Tapi tadi malam kami merasa ada yang belum pas jika kita tidak membahas lagi bersama saudara-saudara yang dari Timika. Sesudah ini kami sampaikan ke seksi acara dan nanti malam harus sudah clear,” katanya.

Lagi katanya, acara akan dilaksanakan pada tanggal 15 November 2022 yaitu dilakukan Kerapatan Adat di rumah Raja Fatagar. Selanjutnya tanggal 16 November 2022 diawali dengan acara gayung bersambut dirangkai dengan upacara di pendopo rumah negara. Pada malam harinya digelar pentas panggung hiburan hingga tanggal 17 November 2022.

“Tanggal 15 sampai 16 acara adat kemudian 16 malam hingga 17 malam itu hiburan dan tidak ada upacara adat lagi,”

Soleman mengungkapkan, dalam panggung hiburan masyarakat akan dihibur oleh artis ibukota dan artis lokal. Tanggal 16 merupakan penampilan dari artis ibukota seperti, Judika, Jana dan Alvin Habib. Sedangkan tanggal 17 dihibur oleh Band Republika, Mita Talahatu dan Marvey Kaya.

“Jadi artis yang menghibur yaitu artis ibukota dan artis lokal yang akan tampil pada tangga 16 malam dan 17 malam,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, anggaran yang dikucurkan untuk HUT Kabupaten Fakfak bukan dari APBD melainkan dari partisipatif. “Tidak ada uang satu rupiahpun dari APBD. Ini partisipatif. Maksudnya saya kepala dinas ya saya berpartisipatif. Kita murni patungan,” bebernya.

Direncanakan, perayaan HUT ke-122 Kabupaten Fakfak ini akan dihadiri oleh Pj. Gubernur Papua Barat, Kapolda Papua Barat, Bupati Mimika, Bupati Kaimana dan Bupati Seram Bagian Timur.(tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *