BERITA UTAMAMIMIKA

Cari 18 Pesepakbola Usia Dini, Dispora Mimika akan Gelar Kejuaraan Tingkat SMP

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
13
×

Cari 18 Pesepakbola Usia Dini, Dispora Mimika akan Gelar Kejuaraan Tingkat SMP

Share this article
IMG 20230212 WA0076
Kepala Dispora Mimika, Jacob Toisuta

Timika, fajarpapua.com – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Mimika Tahun 2023 ini rencananya akan menggelar Kejuaraan Sepakbola Tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Selain untuk meningkatkan kemampuan para pesepakbola usia dini, kejuaraan ini juga dimaksudkan untuk mencari bibit unggul sepakbola Kabupaten Mimika.

ads

Kepala Dispora Mimika, Jacob Toisuta kepada wartawan Sabtu (11/2) lalu mengatakan kejuaraan nantinya akan digelar di Stadion Imipi Wania SP1, Kamoro Jaya Distrik Wania.

“Kita akan menggelar kejuaraan tingkat SMP seluruh Mimika, nanti kita akan pilih 18 orang untuk TC berjalan pembinaan usia dini,” ujarnya kepada wartawan di Timika, Sabtu (11/2).

Dikatakan untuk pembinaan usia dini, pihaknya akan memilih pemain pada kelompok usia mulai dari umur 12 hingga 14 tahun.

Nantinya ujar Toisuta, para pemain yang terpilih akan disiapkan mengikuti TC berjalan sehingga diharapkan mereka akan menjadi cikal bakal pesepakbola terbaik.

“Jadi nanti ada pemain usia 12,13,14 yang nanti mereka itu akan disiapkan . saya juga mengharapkan ada kerjasama antar SSB dan sekolah sekolah terutama SMP,” katanya.

Toisuta menegaskan meski belum ditentukan jadwal kejuaraan sepakbola antar SMP ini, namun Dispora Mimika telah menyiapkan prosedur untuk pelaksanaan.

“Dalam tahun ini, kita tidak bisa menentukan bulan apa karena kita juga harus melihat kondisi lapangan dan kita juga butuh proses mendetail tentang anak anak sekolah ini. Jadi nanti kita akan melakukan skrening untuk memastikan umur para pemain yang terlibat,” jelasnya.

Untuk pembinaan dan TC ujarnya, Dispora Mimika nantinya juga akan menunjuk Staff kepelatihan yang akan menangani para pesepakbola muda ini.

“Kita akan memilih pelatih yang layak untuk memimpin pembinaaan pesepakbola usia dini ini, baru kemudian menggelar kejuaraan karena tim pelatih ini nantinya yang akan menilai para pemaun,” jelasnya.

Meski demikian dalam waktu dekat ini pihaknya akan bersurat ke sekolah sekolah agar menyiapkan para pemainnya untuk mengikuti kejuaraan sepakbola.

“Kita akan kasih surat ke SMP, untuk menyiapkan pemain minimal 25 orang, kelas 1 sampai kelas 3, kita butuh akan ambil 25 pemain dan akan diperkecil menjadi 18 pemain yang akan diikutsertakan dalam TC,” tutupnya. (feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *