BERITA UTAMAMIMIKA

Siap-siap, Internet Wilayah Timika, Merauke dan Kaimana Mulai Alami Gangguan Sejak 20 Februari 2023, Ini Penyebabnya

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
48
×

Siap-siap, Internet Wilayah Timika, Merauke dan Kaimana Mulai Alami Gangguan Sejak 20 Februari 2023, Ini Penyebabnya

Share this article
IMG 20230217 WA0011
Ilustrasi

Timika, fajarpapua.com – Jaringan internet wilayah Timika, Merauke dan Kaimana dipastikan akan kembali terjadi penurunan kualitas. Keadaan itu akan berlangsung selama sepekan sejak 20 Februari 2023.

Kakandatel Telkom Merauke, Jitzak Ninef kepada awak media mengemukakan, demi menjaga kualitas layanan tetap optimal, PT Telkom berencana melakukan pemeliharaan rutin pada jaringan kabel laut sejak tanggal 20 atau 21 Februari 2023 selama tujuh hari. Pekerjaan ini dipastikan mengakibatkan menurunnya kualitas layanan internet kepada pelanggan di beberapa daerah seperti Merauke, Timika, dan Kaimana.

ads

Ninef menyatakan, pemeliharaan harus segera dilakukan sebab ada luka di kabel bawa laut.

”Sekarang memang kabel laut normal, tapi ada luka di kabel laut kita sekitar 107 kilometer dari titik landing point DMA dari pantai lampu Satu. Maka kami lakukan pemeliharaan, perbaikan yang rencananya mulai tanggal 20 mulai dilaksanakan perbaikan selama sekitar 6 hari tanggal 26 kemungkinan sudah selesai kalau cuaca mendukung,” ujarnya kepada awak media, Kamis (16/2/2023).

Ada beberapa wilayah yang terdampak perbaikan tersebut diantaranya Merauke, Kepi, Agats, Timika hingga Kaimana.

Khusus wilayah Merauke, mengingat total Bandwicth yang saat ini dipakai sebesar 400 Giga dan pelanggan saat ini di Merauke kurang lebih 15.000 maka dipastikan akan terjadi penurunan kualitas jaringan internet.

“Dalam masa pemeliharaan itu kita hanya menggunakan backup link lewat Palapa Link Timur plus satelit plus starlink untuk Telkom grup termasuk Telkomsel sekitar 2,6 Giga. Degradasi itu berdampak kepada pertama 4G, Indihome pun nanti ada penurunan kualitas dari sisi data, tapi kalau dari sisi voice Telkomsel normal, Indihome Normal, penurunan hanya dari sisi data (Internet). Hampir sama seperti yang sebelumnya,” ungkapnya.

Dikemukakan, backup internet sekitar 2,6 Giga akan diarahkan di tempat-tempat publik untuk masyarakat bisa nikmati.

General Manager PT Telkom Witel Papua Agus Widhiarsana menyampaikan permohonan permintaan maaf kepada seluruh pelanggan yang terkena dampak perbaikan sistem komunikasi kabel laut SMPCS ruas Sorong-Merauke.

“ PT Telkom menyampaikan permintaan maaf kepada seluruh pelanggan yang terkena dampak perbaikan Sistem Komunikasi Kabel Laut/SKKL SPMCS Ruas Sorong – Merauke. Telkom berupaya maksimal agar proses berjalan tepat waktu dan diharapkan kondisi cuaca mendukung dalam pelaksanaannya,” kata Agus Widhiarsana.

Lebih lanjut Agus Widhiarsana mengatakan, Telkom telah menyiapkan link backup melalui Radio dan Fiber Optik Palapa Ring Timur serta Satelit agar pelanggan dapat menggunakan layanan Telkom dengan bandwidth yang terbatas selama kegiatan perbaikan berlangsung.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *