BERITA UTAMAMIMIKA

Pemkab Mimika dan Kadin Belajar Tata Kelola Sampah ke Banyumas, Plt. Bupati Wujudkan Pengelolaan Ekonomis Sampah

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
5
×

Pemkab Mimika dan Kadin Belajar Tata Kelola Sampah ke Banyumas, Plt. Bupati Wujudkan Pengelolaan Ekonomis Sampah

Share this article
IMG 20230504 WA0023
Plt Bupati Mimika Johannes Rettob didampingi Asisten III Setda Mimika, Hendritte Tandiyono, dan Plh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jefri Deda

Timika, fajarpapua.com – Pemkab Mimika melalui OPD tehnis dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Mimika dalam waktu dekat akan study banding ke Banyumas, Jawa Tengah terkait pengelolaan sampah.

Diharapkan kunjungan tersebut dapat segera diimplementasikan untuk mengatasi permasalahan pengelolaan sampah di Kabupaten Mimika.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Demikian harapan disampaikan Plt. Bupati Mimika, Johannes Rettob (JR), saat pengarahan kepada peserta Kunker, di Grand Tembaga Hotel, Jalan Yos Sudarso, Rabu (3/5).

Kunjungan ini juga sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah untuk merubah mindset cara mengurusi persoalan sampah.

“Sampah yang selama ini, kita hanya kumpul, angkat dan membuang. Kota Mimika ingin merubah pengolahan sampah secara maksimal yang bisa mendatangkan uang dari hasil kelola sampah selama ini. Ini yang belum pernah kita lakukan, di mana sampah itu harus mendatangkan nilai bisnis,” ujarnya.

Plt. Bupati Mimika berharap ilmu dari Kunker itu dapat bermanfaat, dimana dapat mengatasi masalah pengelolaan serta ada nilai tambah ekonomi.

“Makanya DLH, UMKM dan Kadin serta instansi teknis, bisa belajar di Banyumas Jawa Tengah. Setelah balik dari belajar ini harus diimplementasikan ilmu tersebut dan harus action,” tegasnya.

“Sekarang kita punya regulasi soal bagaimana kita mengelola sampah, namun teknis pengelolaannya yang belum maksimal. Kalau sampah ini bisa kita maksimalkan dan bisa mendatangkan uang kenapa kita tidak jalankan,” tegasnya.

Tim yang berangkat ke Banyumas harapnya, dapat belajar bagaimana cara pengelolaan sampah yang bisa mendatangkan pendapatan dan sampah tidak selalu menumpuk serta menjadi beban.

Pelibatan UMKM dan Kadin sebagai garda terdepan dalam mengelola sampah lanjutnya diharapkan bisa memaksimalkan pengelolaan sampah yang mendatangkan kesejahteraaan dan pendapatan bagi masyarakat Mimika.

“Kita berikan kesempatan kepada masyarakat yang olah yang bisa mendatangkan kesejahteraan masyarakat Mimika sendiri. Kunjungan belajar ke Banyumas harus benar-benar dimanfaatkan oleh seluruh peserta yang akan dibagi dalam dua tahap,” harapnya.

Senada, Asisten III Setda Mimika, Hendritte Tandiyono, mengatakan pengelolaan sampah di menjadi masalah klasik yang tidak kunjung terselesaikan.

“Namun dengan pemikiran dan terobosan dari Plt Bupati Mimika bahwa sampah bukan hanya sekedar dibuang saja, namun bagaimana dari sampah ini ada satu nilai ekonomisnya, sehingga program belajar soal pengolahan sampah kita laksanakan di Banyumas,” katanya.

Sementara, Plh. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mimika, Jefri Deda, menyampaikan terima kasih kepada Plt Bupati JR yang memberikan kesempatan kepada DLH tahun ini untuk belajar tentang mengelola sampah yang bisa mendatangkan nilai ekonomis.

“Selama ini warga yang berada di sekitar TPA di Iwaka belum terlindungi karena belum maksimal dalam mengelola sampah secara baik. Dengan kegiatan belajar ke Banyumas yang bekerja sama dengan UMKM, Kadin dan masyarakat dapat mendatangkan manfaat positif dan dapat menjadi sebuah pendapatan demi kesejahteraan masyarakat,” tuturnya. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *