BERITA UTAMAPAPUA

Miris! Dari Januari Hingga Juli 2023, Terdata 17 Ibu Hamil dan 4 Bayi Terjangkit Virus HIV/Aids

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
14
×

Miris! Dari Januari Hingga Juli 2023, Terdata 17 Ibu Hamil dan 4 Bayi Terjangkit Virus HIV/Aids

Share this article
IMG 20230725 WA0009
Ilustrasi

Merauke, fajarpapua.com- Terhitung sejak Januari hingga Juli 2023, Pusat Kesehatan Reproduksi RSUD Merauke, mencatat sebanyak 60 orang terjangkit HIV/AIDS.

Mirisnya, menurut data dari jumlah tersebut tercatat sebanyak 17 ibu hamil dan empat anak bayi juga turut terjangkit virus HIV/Aids.

ads

Selain itu juga terdata ada 5 orang pramuria, 5 orang berstatus aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai negeri sipil serta 29 pekerja swasta yang juga terjangkit virus mematikan tersebut.

Peningkatan kasus HIV/Aids di Merauke mengundang keprihatinan Penjabat Gubernur Provinsi Papua Selatan, Apolo Safanpo yang langsung meminta jajaran dibawahnya menggelar sosialisasi yang lebih ekstra.

Menurutnya kondisi ini harus disikapi serta pihak terkait melakukan sosialisasi kepada masyarakat dengan baik dan komprehensif.

“Gandeng perguruan tinggi, gelar seminar dan sosialisasi, agar kita dapat membiasakan cara hidup sehat dan menghindari kebiasaan yang dapat menimbulkan penyakit menular,” kata Pj. Gubernur Apolo kepada wartawan di Merauke.

Menurut mantan Rektor Universitas Cenderawasih itu, ada tiga cara penanggulangan berbagai penyakit, yakni, promotif, prefentif dan kuratif.

Promotif kesehatan lanjutnya, diartikan, memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat untuk menjalankan hidup sehat.

“Kemudian Prefentif, atau melakukan langkah-langkah pencegahan agar dapat terhindar dari penyakit,” urainya.

Dan terakhir lanjutnya penanganab Kuratif adalah upaya terakhir penanganan para medis di rumah sakit. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *