BERITA UTAMAPAPUA

8 Bulan Disandera, Pangdam Cenderawasih Tetap Berharap Egianus Kogoya Bebaskan Pilot Susi Air Dalam Keadaan Sehat

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
23
×

8 Bulan Disandera, Pangdam Cenderawasih Tetap Berharap Egianus Kogoya Bebaskan Pilot Susi Air Dalam Keadaan Sehat

Share this article
IMG 20230904 WA0011
Pangdam XVII/Cendrawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan.

Jayapura, fajarpapua.com – Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan mengatakan hingga saat ini belum dapat memastikan kapan pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens dapat dibebaskan dari tangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Padahal warga kebangsaan Selandia Baru tersebut sudah disandera selama delapan bulan, sejak Februari 2023 silam.

“Hingga kini belum bisa dipastikan kapan sandera (pilot) dapat dibebaskan, ” kata Mayjen TNI Izak Pangemanan, di Jayapura, Sabtu.

ads

Izak mengatakan berbagai upaya hingga saat ini masih dilakukan guna membebaskan pilot Susi Air yang disandera KKB pimpinan Egianus Kogoya dan pihaknya masih mengedepankan negoisasi damai guna menghindari terjadinya korban.

“Sebetulnya posisi Egianus Kogoya sudah kita ketahui, namun masih berharap yang bersangkutan mau melepaskan sandera dalam keadaan sehat,” harap Pangdam XVII/Cenderawasih.

Sementara itu Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri secara terpisah mengatakan upaya pembebasan pilot berkebangsaan Selandia Baru itu masih terus dilakukan, namun tidak tergesa-gesa.

“Memang benar upaya pembebasan terhadap sandera yang ditawan KKB terus dilakukan dengan penuh ketelitian dan pendalaman secara cermat,” ujarnya.

Fakhiri mengatakan negosiasi masih dilakukan dengan melibatkan berbagai pihak, termasuk keluarga, dan langkah yang dilakukan itu untuk meminimalisir jatuhnya korban, baik sipil maupun aparat keamanan.

“Kami berupaya menekan terjadinya kekerasan, apalagi saat ini sedang menuju agenda nasional, ” ujar Fakhiri.

Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens disandera KKB pimpinan Egianus Kogoya sesaat setelah mendaratkan pesawatnya di Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan pada 7 Februari 2023.
KKB juga membakar pesawat Susi Air itu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *