PAPUAPEMILU 2024

Kapolda Papua Hadiri Kegiatan Safari Pemilu di 4 Daerah Otonomi Baru Papua

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
14
×

Kapolda Papua Hadiri Kegiatan Safari Pemilu di 4 Daerah Otonomi Baru Papua

Share this article
IMG 20231008 WA0051
Kapolda Papua, Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri saat mengikuti Safari Pemilu bersama unsur TNI, Polda Papua, Pemda, dalam Penyelenggara Pemilu 2023-2024

Jayapura, fajarpapua.com- Kapolda Papua, Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri mengikuti Safari Pemilu bersama unsur TNI, Polda Papua, Pemda, dalam Penyelenggara Pemilu 2023-2024 di Provinsi Papua Pegunungan. Kegiatan ini berlangsung di Gedung Aithousa Betlehem, Kabupaten Jayawijaya, Papua Pegunungan, pada Sabtu (7/10).

Dalam acara tersebut, hadir juga Pj. Gubernur Papua Pegunungan, Nikolaus Kondomo, Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Izak Pengemanan, Kabag Ops Binda Papua, Kolonel Inf. Leo Rajendra R.B, serta Pejabat Utama (PJU) Polda Papua dan Forkopimda Provinsi Papua Pegunungan.

ads

Kegiatan Safari Pemilu ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan memastikan Pemilu Tahun 2023-2024 berlangsung kondusif di Tanah Papua, khususnya di Provinsi Papua Pegunungan yang menghadapi dinamika baru dengan hadirnya 4 Daerah Otonomi Baru (DOB).

Kapolda Papua, Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, mengungkapkan, dengan hadirnya 4 DOB baru, akan menimbulkan persoalan-persoalan baru, yang mudah-mudahan dengan kegiatan ini dapat mengurangi konspirasi politik di tanah Papua khususnya di Provinsi Papua Pegunungan.

Fakiri menekankan pentingnya kesuksesan Pemilu dan penyelesaian masalah DOB agar tidak menimbulkan konflik pasca pemilu. Polda Papua berkomitmen untuk menjaga keamanan di Papua Pegunungan, dan menghilangkan sistem noken dalam pemilihan pimpinan daerah demi kedamaian dan ketentraman.

“Saya peringatkan agar tidak ada partai politik yang memanfaatkan saudara-saudara mereka untuk kepentingan politik. Apabila ada pelanggaran, penegakan hukum akan diterapkan,” tegasnya, Minggu (8/10/2023).

Ia menyampaikan bahwa selama ini, Papua Pegunungan telah mengalami berbagai insiden kekerasan, dengan korban jiwa yang signifikan. Kapolda mengajak semua pihak untuk bersama-sama menghentikan kekerasan dan bekerja menuju masa depan yang lebih baik.

Polda Papua bersama TNI bersatu dalam tugas menjaga ketertiban dan keamanan dalam Pemilu 2024, dengan menjaga netralitas dan sinergi yang baik. Saya juga meminta para pihak untuk mendukung proses pendaftaran pemilih dengan baik, dan untuk partai politik agar menyiapkan kader-kader terbaik anak-anak Papua untuk menjadi pemimpin yang baik di negeri ini,” ucap Irjen Mathius.

Dalam penutupannya, Kapolda Papua menyatakan keyakinannya bahwa Papua Pegunungan bisa menjalani Pemilu yang aman, nyaman, dan damai, dan meminta agar semua pihak bekerja sama untuk mencapai tujuan tersebut.(hsb).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *