BERITA UTAMAPAPUA

Kapolda Papua Berharap Pilot Susi Air yang Disandera KKB Pimpinan Egianus Bisa Kembali dengan Selamat

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
20
×

Kapolda Papua Berharap Pilot Susi Air yang Disandera KKB Pimpinan Egianus Bisa Kembali dengan Selamat

Share this article
IMG 20231014 WA0034
Kapolda Papua, Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri

Jayapura, fajarpapua.com– Kapolda Papua, Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri menyatakan, aparat TNI/Polri bersama Pemerintah Daerah (Pemda) Nduga telah berupaya melakukan negosiasi pembebasan pilot Susi Air Philip Mahtrens yang disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) sejak bulan Februari 2023 lalu.

“Negosiasi terus dilakukan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) dengan dukungan dari tokoh masyarakat dan tokoh agama,” kata Kapolda Fakhiri, Sabtu (14/10/2023).

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Kapolda Papua menjelaskan saat ini mereka masih menunggu perkembangan hasil dari proses negosiasi tersebut. Terkait rincian teknis negosiasi dan isi dari perundingan, Kapolda Papua mengatakan hal tersebut merupakan ranah Pemda.

Namun, secara prinsip, pihak Kepolisian berharap dan berdoa agar upaya negosiasi dapat berhasil dan pilot tersebut dapat dikembalikan dengan selamat dan sehat.

“Saya menegaskan bahwa Pemerintah dan TNI-Polri telah sepakat untuk tidak mengakomodir keinginan KKB terkait permintaan merdeka serta permintaan senjata dan amunisi,” tegasnya.

Hal itu membuktikan bahwa, mereka tetap berkomitmen untuk menjaga keselamatan pilot dan menghindari terjadinya korban baik dari pihak Pemda, TNI Polri, maupun masyarakat yang terlibat.

“Saya berharap semua pihak bersabar dan mendukung upaya-upaya kami di sini agar masalah ini segera terselesaikan. Penegakan hukum akan tetap ditegakkan sesuai aturan,” tambah Kapolda Papua.

Dikatakan Fakhiri, pembebasan pilot Susi Air yang disandera KKB pimpinan Egianus Kogoya telah menjadi perhatian utama, dan semua pihak berharap agar situasi ini dapat diselesaikan dengan damai dan pilot dapat kembali ke keluarganya dengan selamat.(hsb).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *