BERITA UTAMAMIMIKA

503 Kelompok Nelayan Binaan Dinas Perikanan Kabupaten Mimika Produksi 3.018 Ton Hasil Laut

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
115
×

503 Kelompok Nelayan Binaan Dinas Perikanan Kabupaten Mimika Produksi 3.018 Ton Hasil Laut

Share this article
IMG 20231105 WA0004
Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Mimika, Clemens Ohoilulin

Timika, fajarpapua.com- Dinas Perikanan Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, membina 503 kelompok nelayan tangkap yang tersebar pada sembilan distrik di daerah tersebut.

Dalam satu tahun 503 kelompok nelayan tersebut dapat menghasilkan 3.018 ton ikan, udang, dan kepiting serta hasil laut lainnya.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Mimika, Clemens Ohoilulin, kelompok nelayan binaan tersebut tersebar di Distrik Mimika Timur, Mimika Timur Jauh, Jita, Agimuga, Iwaka, Mimika Barat, Amar, Mimika Barat Tengah, dan Mimika Barat Jauh.

“Kami membina 503 kelompok nelayan tangkap ini melalui sosialisasi, pelatihan, dan juga memberikan bantuan jaring,” katanya.

Menurut Clemens, pihaknya menggunakan anggaran dari Dana Otonomi khusus (Otsus) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Mimika untuk membina kelompok nelayan tangkap tersebut.

“Kami memberikan bantuan jaring untuk menangkap ikan bagi kelompok nelayan serta memberikan pelatihan cara memperbaiki dan merawat jaring,” ujarnya.

Dia menjelaskan anggarannya bersumber dari Dana Otsus sebesar Rp 3 miliar dan APBD Rp 1,2 miliar yang dipergunakan untuk membina kelompok nelayan tangkap dan juga melakukan pekerjaan fisik.

“Kami sedang membangun tempat penampungan kontainer dan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan non-subsidi di Pelabuhan Poumako Distrik Mimika Timur,” katanya.

Dia menambahkan perkembangan kelompok nelayan semakin luar biasa setelah mendapat pembinaan. Dalam setahun, lanjutnya, satu kelompok nelayan dapat menghasilkan enam ton ikan dan hasil laut lainnya.

“Jadi dalam satu tahun dari 503 kelompok nelayan dapat menghasilkan 3.018 ton ikan, udang, dan kepiting,” kata Clemens Ohoilulin. (an)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *