BERITA UTAMAMIMIKA

Produksi Telur Peternak Lokal Mimika Capai 14 Ton Perhari, Mampu Penuhi Kebutuhan Kabupaten Tetangga

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
861
×

Produksi Telur Peternak Lokal Mimika Capai 14 Ton Perhari, Mampu Penuhi Kebutuhan Kabupaten Tetangga

Share this article
IMG 20231119 WA0014
Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Mimika Sabelina Fitriani

Timika, fajarpapua.com- Sejak beberapa tahun terakhir Kabupaten Mimika telah swasembada atau mampu memenuhi kebutuhan telur sendiri.

Bahkan saat ini produksi telur peternak lokal binaan tercatat sebanyak 14 ton per hari sehingga bisa memenuhi kebutuhan kabupaten tetangga

ads

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Mimika Sabelina Fitriani kepada media, Sabtu kemarin mengatakan Mimika menjadi daerah yang menyuplai telur ayam bagi kabupaten lain di Papua Tengah karena memiliki hasil produksi yang baik.

“Produksi telur kita melimpah maka Mimika menjadi kabupaten penyangga yang mensuplai telur ayam ke daerah lain di Papua Tengah,” katanya.

Menurut Sabelina, salah satu daerah yang mendapat suplai telur ayam dari Kabupaten Mimika yakni Wamena, untuk mengirim kesana tidak setiap hari karena kendala transportasi udara.

“Memang untuk ke Wamena hanya bisa dijangkau melalui jalur udara menggunakan pesawat, meskipun tidak setiap hari pesawat ada tetapi kami selalu distribusi ke sana,” ujarnya.

Dia menjelaskan dari hasil produksi telur ayam yang melimpah di Mimika maka pihaknya membuat inovasi telur omega-3 dan ini pertama kalinya di Papua.

“Telur omega-3 ini sangat baik untuk kesehatan, karena mengandung anti inflamasi yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh manusia,” katanya lagi.

Dia menambahkan dengan memproduksi telur omega-3 akan meningkatkan ekonomi tiga kali lipat dari telur ayam biasa karena selama ini masih disuplai dari luar Papua

“Kami mencoba berinovasi memproduksi telur ayam omega-3 sebagai upaya meningkatkan perekonomian peternak dan kesehatan konsumen,” tutupnya. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *