BERITA UTAMAMIMIKA

1.000 Lilin Harmoni Dalam Keberagaman untuk Hari HAM se-Dunia  

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
43
×

1.000 Lilin Harmoni Dalam Keberagaman untuk Hari HAM se-Dunia  

Share this article
50e4ba67 dfda 43af 8821 e76f86cbfe45 (1)
aksi 1000 Lilin memperingati Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia.

Timika, fajarpapua.com- Yayasan Lembaga Bantuan Hukum (YLBH) Papua Tengah bersama sejumlah elemen masyarakat di Mimika pada Minggu (10/12) menggelar aksi 1000 Lilin memperingati Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia.

Kegiatan yang digelar di halaman Kantor YLBH Papua Tengah, Jalan Cenderawasih SP2, Timika, Kabupaten Mimika bertajuk Harmoni Dalam Keberagaman.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Acara dihadiri sejumlah perwakilan elemen warga seperti tokoh masyarakat, organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP), pengurus dan anggota YLBH Papua Tengah, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) sejumlah perguruan tinggi, dan para pegiat HAM lainnya di Kabupaten Mimika dan Provinsi Papua Tengah.

“Aksi menyalakan 1.000 Lilin sebagai bentuk solidaritas memperingati Hari HAM Sedunia. Perjuangan menegakkan dan menghormati hak-hak asasi manusia dalam kehidupan sosial kemasyarakatan mutlak dilakukan dan menjadi gerakan kolektif,” ujar Direktur YLBH Papua Tengah, Yoseph Temorubun, SH.

Menurut praktisi hukum dan HAM jebolan Fakultas Hukum Universitas Pattimura, Ambon, dalam kesempatan tersebut para peserta juga menyuarakan berbagai kasus pelanggaran HAM masa lalu yang hingga saat belum tuntas.

Selain itu YLBH Papua Tengah juga mendesak Pemerintah merevisi Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Komnas HAM dan menjadikan Komnas HAM lembaga yang memiliki kewenangan penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan seperti Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia.

Peringatan 75 tahun HAM tanggal 10 Desember 2023 dijadikan starting point, titik awal mengungkap berbagai insiden dan kasus-kasus pelanggaran HAM yang terjadi di masa lalu.

“Hal tersebut penting agar memberikan kepastian hukum dan harapan bagi keluarga korban,” jelasnya.

Sekadar diketahui, Hari HAM Sedunia diperingati setiap tanggal 10 Desember dengan tema berbeda-beda.

Peringatan Hari HAM Sedunia tahun 2023 mengusung tema Kebebasan, Kesetaraan dan Keadilan untuk Semua. (mas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *