BERITA UTAMAPAPUAPEMILU 2024

Pastikan Kelengkapan Logistik Pemilu 2024, Bawaslu Papua dan Kabupaten Jayapura Lakukan Supervisi ke Gudang Logistik KPU

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
27
×

Pastikan Kelengkapan Logistik Pemilu 2024, Bawaslu Papua dan Kabupaten Jayapura Lakukan Supervisi ke Gudang Logistik KPU

Share this article
ea620556 bc8f 4a1b 9441 1e8fb50b97c9
Petugas KPU Kabupaten Jayapura saat melipat kotak suara

Jayapura, fajarpapua.com- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Papua bersama Bawaslu Kabupaten Jayapura, melakukan supervisi dan pengawasan logistik Pemilu 2024 di gudang KPU Kabupaten Jayapura.

Hal ini untuk memastikan logistik pemilu yang telah distribusikan oleh penyedia yang saat ini telah berada di gudang KPU Kabupaten Jayapura agar berjalan aman dan lancar ketika berlangsung pencoblosan.

ads

“Kami hadir disini adalah untuk memastikan jenis logistik yang sudah ada di gudang KPU. Kita juga memastikan kapan waktu pelipatan surat suara, karena ini jadi perhatian kita melihat kendala yang dihadapi pada tahun 2019 adanya keterlambatan pendistribusian logistik pemilu,”kata Ketua Bawaslu Zacharias Rumbewas, Selasa (9/1).

Kemudian, lanjut Zacharias, Bawaslu juga ingin memastikan kendala apa saja yang dihadapi KPU dalam tahapan logistik Pemilu itu, namun KPU menyatakan tidak ada masalah.

“Yang menjadi kendala KPU saat ini adalah masa tahapan perekrutan anggota Komisioner KPU yang sedang berlangsung, sehingga keseriusan anggota KPU yang masih aktif terganggu sesuai yang disampaikan Sekretaris KPU Kabupaten Jayapura,”ujar Zacharias.

Oleh karena itu, Bawaslu Provinsi Papua menyarankan kepada KPU Kabupaten Jayapura untuk tetap keseriusannya dalam penanganan logistik Pemilu terutama saat perakitan kotak suara maupun keamanan di gudang logistik KPU. Bawaslu menyarankan pada KPU setempat agar memperhatikan petugas yang melakukan perakitan kota suara agar jangan sampai merokok di dalam untuk menghindari akan terjadinya kebakaran ketika mereka lalai membuang puntung rokoknya.

“Kotak suara ini mudah terbakar ya. Jadi kalau petugas asal buang puntung rokoknya bisa menyebabkan terjadi kebakaran. Kemudian memperhatikan ventilasi udara supaya jangan ada yang terbuka, tapi harus tertutup rapat, ini menjadi perhatian KPU dan Bawaslu,”lanjut dia.

Zacharias menambahkan, sampai saat ini belum ada temuan kekurangan logistik Pemilu dan sebagian besar sudah tersedia. Adapun logistik Pemilu yang sudah diterima KPU terdiri dari Kotak Suara, Bilik Suara, Bantalan, Tinta dan lainnya.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *