BERITA UTAMAPAPUA

Satu Tahun Pilot Asal Selandia Baru Philip M. Marten Disandera, Ini 10 Pernyataan Terbaru TPN-PB

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
626
×

Satu Tahun Pilot Asal Selandia Baru Philip M. Marten Disandera, Ini 10 Pernyataan Terbaru TPN-PB

Share this article
IMG 20240203 WA0057
Jubir KOMNAS TPNPB, Sebby Sambom

Jayapura, fajarpapua.com- Markas Tentara Nasional Pembebasan Papua Barat (TPNPB) atau OPM mengeluarkan pernyataan dan pesan kepada semua pejuang dan rakyat Papua khusus kepada TPNPB di 36 Komando Daerah Pertahanan di seluruh Tanah Papua Dan Wilayah Pertahanan III Ndugama Derakma.

Jubir KOMNAS TPNPB, Sebby Sambom menyatakan, pada pernyataan itu TNPB mengeluarkan 10 isi pernyataan terkait pilot Susi air yang di sandera KKB yaitu

ads
  1. Masalah pembebasan sandera Pilot Asal Selandia Baru Philip M. Marten adalah Tanggungjawab KOMNAS TPNPB secara Komando dan hanya KOMNAS TPNPB yang akan pasan badan, artinya resiko apapun yang dihadapi akan dipertanggungjawabkan adalah Pimpinan Markas Pusat KOMNAS TPNPB. Oleh karena itu semua komunikasi harus melalui Manajemen Markas Pusat KOMNAS TPNPB.
  2. Untuk mencari solusi Pembebasan Pilot Asal Selandia Baru Philip M. Marten, kami di Manajemen Markas Pusat KOMNAS TPNPB tetap bekerja sama dengan Pihak Internasional yang netral dan independen sebagai Fasilitator dan juga sebagai mediator. Untuk poin ini kami juga membuka diri dan tetap bekerja sama dengan semua Pejuang Papua bersama rakyat yang berafiliasi dengan KOMNAS TPNPB atau kami juga minta dukungan moril dari semua pihak yang peduli akan kemanusiaan.
  3. Pilot Asal Selandia Baru yang di tahan Pasukan TPNPB dibawah Pimpinan Panglima Brigadier General Egianus Kogeya harus dibebaskan demi kemanusiaan berdasarkan Hukum Perang Humaniter Internasional, dan tidak ada alasan untuk Pilot harus ditahan sampai dunia kiamat.
  4. Dan kami perlu sampaikan bahwa Pernyataan Panglima Egianus Kogeya dan Pasukannya yang mana mereka telah mengatakan bahwa Pilot asal Selandia baru yang mereka Tahan itu harus di tukar dengan Papua merdeka, tetapi kami dari Pimpinan Manajemen Markas Pusat Komnas TPNPB sampaikan bahwa itu Pernyataan yang emosional tanpa minta pendapat kepada Pimpinan TPNPB di Manajemen Markas Pusat KOMNAS TPNPB maka perlu di review.
  5. Oleh karena itu Panglima Egianus Kogeya dan Pasukannya harus cabut pernayaan sesuai poin 4 di atas ini yang mengatakan bahwa Pilot akan dijadikan jaminan Papua merdeka harga mati, hal ini sama sekali tidak mungkin terjadi. Mengapa? Karena tidak ada sejarah di dunia ini bahwa ada Negara yang pernah merdeka di Tukar dengan Kemerdekaan, jadi hal ini yang perlu dipahami oleh semua pihak, dan terutama TPNPB dan juga Pejuang dari Ndugama.
  6. Jika demikian, maka semua Pejuang dan kaum terpelajar di Wilayah adat Ndugama bisa bantu kami di Manajemen KOMNAS TPNPB untuk sampaikan pesan-pesan kami kepada Pasukan dan Pimpinan TPNPB di Wilayah Pertahanan III Ndigama Derakma, bahwa pentingnya bebaskan Pilot asal Selandia baru ini segera.
  7. Jika kami bebaskan Pilot Asal Selandia Baru ini dengan hormat, maka kami akan dihargai oleh masyarakat Internasional dan bahkan PBB, dan juga martabat perjuangan bangsa Papua untuk merdeka akan terangkat, namun jika Pilot ini mati di tempat yang ditahan maka kami akan disalahkan oleh Masyarakat Internasional dan PBB.
  8. Manajemen Markas Pusat Komnas TPNPB tegaskan bahwa Pilot asal Selandia Baru yang tidak berdaya itu jangan jadikan Posisi Bargaining untuk Perundingan Politik tingkat Tinggi, karena Perundingan Politik tingkat tinggi dengan Indonesia akan datang secara alami sesuai perjuangan kami yang massive.
  9. Berdasarkan Poin nomor 8 di atas, maka kami dari Pihak Manajemen Markas Pusat KOMNAS TPNPB tegaskan bahwa TPNPB Komando Wilayah Pertahanan III Ndugama Derakma tidak boleh dengar hasutan oleh siapapun yang tidak bertanggungjawab, namun TPNPB Komando Wilayah Pertahanan tiga harus dan wajib berkomunikasi aktif hanya dengan Pimpinan Manajemen Markas Pusat KOMNAS TPNPB dan itu adalah mekanisme Protokol dalam Komando Nasional Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat. Mengapa? Karena ada Oknum-oknum yang mengatakan bahwa Pilot Asal Selandia Baru yang tidak berdaya dan tidak tahu apa-apa itu akan dijadikan bargaining Politik Perundingan untuk Papua merdeka, maka orang-orang itu adalah agen BIN Indonesia. Dan dalam hal ini, jika Pilot Asal Selandia Baru ini jadi korban, maka hal itu akan legitimasi stigam Teroris dan Kriminal yang distigmakan oleh Pemerintah Kolonial Republik Indonesia terhadap TPNPB;
  10. Dengan hormat kami harus mampu bebaskan Pilot Asal Selandia Baru Philip M. Marten demi kemanusiaan berdasarkan Hukum Humaniter Perang Internasional, maka itu adalah peluang bagi bangsa Papua untuk kampanye Internasional, dan Lobi-lobi Politik di tingkat Internasional akan terbuka. Mengapa hal ini penting? Karena disana ada jalan, dan jika Pilot mati di tangan TPNPB, maka hal itu akan merugikan Bangsa Papua yang telah berjuang 60 tahun lebih.

Demikian pernyataan dan Pesan ini dikeluarkan oleh Pimpinan Manajemen Markas Pusat Komnas TPNPB pada tanggal 3 February 2024, untuk menjadi perhatian dan dapat dilaksanakanya oleh semua Pihak.(redaksi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *