BERITA UTAMAJayapura

Capai Target Nasional, Cakupan Imunisasi di Kabupaten Jayapura Diangka 95 Persen

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
12
×

Capai Target Nasional, Cakupan Imunisasi di Kabupaten Jayapura Diangka 95 Persen

Share this article
IMG 20240326 WA0024
Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, Pungut Sunarto

Jayapura, fajarpapua.com- Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, Pungut Sunarto menyatakan cakupan Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) di Kabupaten Jayapura sudah mencapai target nasional.

Berdasarkan data Maret tahun 2024, cakupan Imunisasi Dasar Lengkap(IDL) Kabupaten Jayapura mencapai hingga 95 persen.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

“Secara umum cakupan IDL kita, itu sudah capai 90 persen hingga 95 persen. Hanya ada beberapa Puskesmas yang belum capai. IDL kita cukup baik dibandingkan Kabupaten lain,”kata Pungut Sunarto, Selasa (26/3).

Pungut mengaku cakupan target IDL ini belum semua tercapai dibeberapa Puskesmas seperti Puskesmas Ravenirara, Dosay, Kemtuk dan Lereh, tapi ini sudah ada yang capai 80 persen.

“Hambatan di lapangan masyarakat banyak yang belum paham imunisasi itu penting karena dapat mencegah penyakit yang bisa dicegah dengan imunisasi seperti TBC, Campak, Rubela, Batuk dan lainnya,”ujar Pungut.

Untuk itu, kata dia, ibu yang baru melahirkan maka anaknya mulai dari dasar sudah harus imunisasi, namun sekarang ini masyarakat sudah mulai paham pentingnya imunisasi tersebut.

“Kadang-kadang memang masyarakat masih ada yang takut datang imunisasi ke Posyandu, tapi tidak banyak. Kami terus lakukan sosialisasi pada masyarakat soal imunisasi ini melalui mitra dengan melakukan penyuluhan di beberapa sekolah, dan kampung supaya dipahami masyarakat,”tuturnya.

Lanjut Pungut, apabila cakupan imunisasi ini tidak mencapai target, petugas kami datang ke rumah-rumah. Bahkan, kami melakukan swiping ke kampung-kampung dan langsung melaksanakan imunisasi pada masyarakat.

“Kita harap masyarakat setiap ada Posyandu bisa datang membawa anak-anaknya,”ungkapnya.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *