Sudah 441 Warga Mimika Sembuh dari COVID-19

by -
Data pasien Covid 19

Timika,fajarpapua.com

Jumlah pasien sembuh dari kasus COVID-19 di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua hingga Rabu (29/7) tercatat mencapai 441 orang dari total kumulatif kasus sebanyak 518.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Mimika Reynold Ubra di Timika, Rabu, mengatakan, terbaru terdapat empat pasien COVID-19 di Mimika yang dinyatakan sembuh.

banner 300250

Meski begitu pada saat bersamaan masih terus terjadi penularan COVID-19 di Mimika dengan adanya temuan delapan kasus baru terkonfirmasi positif.

“Dari delapan kasus baru positif COVID-19 di Mimika, tujuh kasus berasal dari Distrik Tembagapura, sedangkan satu kasus lainnya berasal dari Distrik Mimika Baru,” kata Reynold.

Hingga kini, katanya, masih terdapat 71 pasien COVID-19 yang menjalani perawatan dan isolasi di rumah sakit di Mimika. Sementara jumlah pasien meninggal dunia akibat COVID-19 di Mimika hingga saat ini sebanyak enam orang.

Guna mencegah penularan COVID-19 yang semakin meluas di Mimika, Reynold meminta warga menjalankan protokol kesehatan terutama dalam hal penerapan “3 M” yaitu mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak.

Pemkab Mimika sendiri sejak akhir Juni lalu telah menerapkan kebijakan Tatanan Hidup Baru atau New Normal sehingga aktivitas perekonomian, perkantoran, penerbangan dan lainnya di wilayah itu kembali normal seperti sebelum terjadi wabah COVID-19. Hal ini kemudian diperbaharui dengan itilah adaptasi kebiasaan baru. 

BACA JUGA:  Akhirnya Obat COVID-19 Dipasarkan Mulai Desember

Secara terpisah Vice President PTFI Bidang Goverment Relation Jonny Lingga mengatakan penanganan pandemi COVID-19 di Mimika termasuk di area PT Freeport Indonesia semakin baik sehingga jumlah warga terpapar virus corona jenis baru itu semakin terkendali.

“Meskipun penanganan yang kita lakukan semakin baik tapi perlu diketahui bahwa COVID-19 ini nggak bisa hilang dalam waktu dekat sampai nanti ada vaksinnya. Yang pasti akan terus ada yang yang dinyatakan positif, namun kita sudah bisa memaintanance. Untuk mengharapkan tidak ada lagi pasien terkonfirmasi positif itu tidak mungkin,” kata Jonny.

Dalam kondisi dimana ada kebijakan relaksasi dalam berbagai hal, Jonny meminta karyawan PT Freeport Indonesia dan perusahaan subkontraktor maupun warga Mimika pada umumnya agar benar-benar mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan.
Menurut dia, tingkat kesembuhan pasien COVID-19 di wilayah Tembagapura kini mencapai 95 persen, hal yang sama juga terjadi di wilayah Kota Timika.

“Kerja sama dan koordinasi dalam penanganan COVID-19 di Kabupaten Mimika berjalan sangat baik. Kami sangat mengapresiasi dukungan penuh dari Pemkab Mimika dalam hal ini Tim Gugus Tugas COVID-19,” ujarnya.(ant)

INFO IKLAN 0812-3406-8145 A valid URL was not provided.