BERITA UTAMAOLAHRAGA

Saat ini, Batuk di Lapangan Bola Bisa Dikartu Merah

pngtree vector tick icon png image 1025736
4
×

Saat ini, Batuk di Lapangan Bola Bisa Dikartu Merah

Share this article

Inggris, faharpapua.com

Otoritas sepak bola Inggris, FA, mengeluarkan aturan baru yang bisa membuat pemain diganjar kartu kuning atau bahkan kartu merah jika sengaja batuk di hadapan wajah lawan atau wasit.

Klik iklan untuk info lebih lanjut

Aturan itu jadi bagian regulasi anyar yang dikeluarkan FA untuk pertandingan sepak bola di tengah pandemi COVID-19 yang segera berlaku di semua kompetisi di Inggris demikian lansiran Reuters, Senin.

Wasit diperbolehkan memberi hukuman tersebut apabila “yakin seseorang secara sengaja dan dari jarak dekat batuk ke wajah lawannya ataupun seorang ofisial pertandingan.”

Dokumen regulasi anyar FA tersebut menyatakan pelanggaran itu tergolong dalam kategori penggunaan gestur dan/atau bahasa yang ofensif, menghina maupun bersifat pelecehan.

“Jika insiden itu tidak terlalu parah untuk diganjar kartu merah, peringatan bisa dikeluarkan wasit sebagai bagian dari perilaku tak sportif ataupun penghinaan terhadap pertandingan,” demikian dokumen yang sama menyatakan.

Kendati demikian regulasi tersebut menekankan bahwa wasit harus bisa membedakan batuk yang wajar sembari terus mengingatkan agar pemain tidak meludah di lapangan, pun hal itu tidak dianggap sebagai tindakan melanggar.(ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *