DPRD Soroti Bangunan Mewah Puskesmas Mapurujaya Terlantar, Kadinkes : Adaptasi Layanan Berubah

by -

Timika, fajarpapua.com – Anggota DPRD Mimika, Nurman Karopukaro menyoroti keberadaan bangunan mewah Puskesmas Mapurujaya. Meskipun pembangunannya menghabiskan dana miliaran rupiah, namun puskesmas tersebut tidak digunakan.

Nurman Karupukaro saat mengikuti pesta Adat Karapao di Kampung Hiripau, Distrik Mimika Timur dalam unggahan di laman Facebook menampilikan beberapa foto kondisi layanan kesehatan yang dilakukan oleh petugas Puskesmas Mapurujaya di rumah warga.

banner 300250

Dalam unggahannya, mantan prajurit Pasukan Khusus TNI AD ini mempertanyakan kebijakan Dinas Kesehatan yang melakukan pelayanan di tempat yang tidak layak tersebut. “Ada apa dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika,” tulisnya.

Nurman juga menyayangkan tindakan Puskesmas Mapurujaya yang melakukan pelayanan di tempat yang tidak layak sementara gedung megah yang dibangun dengan dana miliaran rupiah dikosongkan.

“Gedung Puskesmas Mapurujaya dikosongkan yang baru dibangun dengan dana miliaran rupiah dari uang rakyat. Dengan harapan masyarakat dapat dilayani …tapi malah dibuat pelayanan kesehatan di rumah rumah yang notabene jauh dari kata layak untuk pelayanan kesehatan…..aneh aneh saja,” tulisnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Reynold Ubra ketika dikonfirmasi Fajar Papua, Kamis (20/11) membantah informasi Puskesmas diterlantarkan. Menurutnya puskesmas Mapurujaya tetap digunakan namun pihaknya tetap mengantisipasi penularan covid di fasilitas kesehatan tersebut jauh sangat penting.

BACA JUGA:  Begini Tanggapan DPRD Mimika Soal Bom Molotov yang Meledak di Timika Indah

“Setelah kasus yang meningkat di bulan September termasuk beberapa kasus di Mapurujaya maka perlu dilakukan langkah pemcegahan untuk melindungi masyarakat Mapurujaya jangan sampai tertular,” katanya.

Dikatakan, strategi yang dilakukan adalah puskesmas harus melakukan pelayanan luar gedung apalagi fungsi puskesmas tidak seperti klinik maupun rumah sakit.

“Paradigma fungsi puskesmas dan strategi pelyanan puskesmas di masa adaptasi kebiasaan baru sangat penting supaya bisa lindungi masyarakat lokal untuk tidak tertular,” bebernya.

Menuai kritikan netizen

Unggahan Nurman Karopukaro mendapat dukungan warganet Timika yang meminta politisi Suku Kamoro tersebut mengawasi pelayanan masyarakat.

Dukungan salah satunya dari akun @samuelkermite yang mendukung langkah Nurman mempublikasi hal itu. “Setuju pak dewan perlu klarifikasi…. Yang seperti ini perlu dipublikasikan sebagai koreksi untuk perbaikan bukan untuk disalahkan …. Semoga bermanfaat sukses selalu pak TYB,” tulisnya.

INFO IKLAN 0812-3406-8145 A valid URL was not provided.