BERITA UTAMAMIMIKA

Penipuan Palsukan Akun FB Marak di Mimika, Begini Modus Operandi Para Pelaku

pngtree vector tick icon png image 1025736
20
×

Penipuan Palsukan Akun FB Marak di Mimika, Begini Modus Operandi Para Pelaku

Share this article
Facebook
Penipuan dengan modus pemalsuan akun marak di media sosial facebook

Timika, fajarpapua.com – Penipuan online sangat marak terjadi di Indonesia, termasuk Kabupaten Mimika. Banyak modus yang digunakan oleh para pelaku mulai dari SMS undian berhadiah, jualan online di instagram hingga ada yang menggunakan modus lewat facebook dengan akun palsu.

Para penipu tidak mengenal yang namanya dosa, mereka terus melakukan penipuan untuk bisa mendapatkan keuntungan berupa uang. Modus penipuan menggunakan akun palsu di facebook akhir-akhir ini kerap terjadi.

ads

Begini Modus Penipuan di Facebook sebagaimana dikutib Fajar Papua dari infoperbankan.com, Minggu (27/12), penipu memiliki rekening atas nama A, selanjutnya penipu mencari akun di facebook yang memiliki nama sesuai dengan rekening yang akan digunakan untuk menipu.

Misal rekening yang digunakan penipu atasnama Karma Daki dan penipu kemudian mencari orang di fb yang namanya Karma Daki juga.
Setelah menemukan akun facebook dengan nama yang sama dengan rekening yang digunakan oleh penipu, lalu penipu membuat akun facebook yang sama dengan orang tersebut (Karma Daki) dan menggunakan foto-foto yang sama juga (cloning).

Penipu kemudian “meng add” teman-teman nya Karma Daki yang sering melakukan interaksi di dinding facebook, itu artinya temannya kenal dengan Karma Daki.

Setelah berteman dengan orang-orang dekatnya Karma Daki, lalu penipu mengirim chat ke teman-temannya menggunakan akun facebook yang telah dibuat serupa tadi (cloning). Isi chatnya adalah “meminjam uang” dengan alasan butuh uang untuk keperluan tertentu.

Penipu meminta uangnya di transfer ke rekening atasnama yang sama (Karma Daki) sehingga teman dari karma daki tidak curiga kalau sebenarnya mereka sedang chat dengan akun palsu, dengan begitu korban mentransfer uang ke rekening tersebut.

Kesimpulannya adalah penipu berupaya mencari korban dari orang-orang dekat yang berteman dengan seseorang, jadi penipu menipu dengan cara mengatasnamakan orang lain.

Begitulah modus penipuan yang akhir-akhir ini terjadi, kami harap anda mengerti dengan penjelasan yang telah kami tulis diatas. Hati-hati jika ada teman anda yang tiba-tiba chat difacebook untuk pinjam uang, bisa dicurigai kalau itu akun palsu dari teman anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *