Setumpuk Uang dari “Anggota DPRD Mimika Siluman” untuk Warga yang Bisa Tertipu

by -
Uang
Pelaku sengaja memamerkan uang untuk meyakinkan korban.

Timika, fajarpapua.com – Selama dua hari ini, pemilik akun facebook LeonarDus melancarkan aksi penipuan di Kota Timika. Menggunakan foto profil Leonardus Kocu yang adalah anggota DPRD Mimika, pemilik akun LeonarDus meminta sejumlah uang kepada warga.

Junaidi, salah seorang calon korban Sabtu (26/12) malam mengaku dikirimi chatting oleh pemilik akun LeonarDus.

“Awalnya saya hampir percaya karena cara berbahasanya mirip bahasa kita sehari-hari,” ungkap Junaidi yang juga wartawan Fajar Papua.

Dia mengatakan, pelaku mengirim foto sejumlah uang sambil mengaku sedang mengurus perhitungan dana. Selanjutnya Junaidi dimintai bantuan mengirim uang Rp 3 juta, jika pengurusan sudah selesai uang akan diganti Rp 5 juta.

Berikut petikan chattingan pelaku. “Ah begini ade. Sy sdang ada urus pmbrksan sama pnghtungan dana. Baru sy ada mau krim uang di staf krna ada berkas yang blum slsai jd.
Tpi sy tidak bisa krim d staf krna masih d ruangan ini. Ade Bisa bantu sy sbntr kah. krim d staf 3 juta sja. Bsokjam 7 pagi sy kmbalikan 5 juta uang ny ade,” tulis pemilik akun FB LeonarDus.

Meskipun diyakinkan namun Junaidi mengaku tidak lantas percaya sebab kasus penipuan seperti ini biasa terjadi.

Leonadus Kocu mengaku akunnya dipalsukan

Anggota DPRD Mimika, Leonardus Kocu mengaku sudah dua hari ini banyak mendapat telepon dari kerabat dan kenalan di Kota Timika terkait pemalsuan akun yang mengatasnamakan dirinya.

“Benar, sudah dua hari ini ada yang buat akun fb atas nama saya, pakai foto saya. Saya juga kaget orang banyak telepon katanya ada yang palsukan akun saya,” ujarnya saat dikonfirmasi Fajar Papua, Sabtu (26/12) malam.

INFO IKLAN 0812-3406-8145 banner 300250