BERITA UTAMAMIMIKApinpost

Sangat Meresahkan, Tim Cyber Polres Mimika Diminta Turun Tangan Lacak Pemalsuan Akun FB

pngtree vector tick icon png image 1025736
7
×

Sangat Meresahkan, Tim Cyber Polres Mimika Diminta Turun Tangan Lacak Pemalsuan Akun FB

Share this article
Akun milik Kepkam Nawaripi Dalam, Nobertus Ditubun yang didupikasi pelaku penipuan.

Timika, fajarpapua.com – Aksi penipuan melalui pemalsuan akun facebook pejabat di Kota Timika sudah sangat meresahkan. Tim Cyber Polres Mimika diminta melacak identitas, jejak digital serta posisi (lokasi) keberadaan para pelaku.

Teranyar Senin (28/12) akun facebook milik kepala kampung Nawaripi, Nobertus Ditubun dipalsukan. Seperti modus yang lain, pelaku meminta pertemanan lalu meminta uang dari teman-teman media sosial Nobertus.

Klik iklan untuk info lebih lanjut

“Sudah sangat meresahkan, tolong tim cyber Polres Mimika, Polda Papua atau Mabes Polri bisa lacak aksi mereka,” ungkap kepala Kampung Nawaripi Dalam Mimika, Nobertus Ditubun kepada Fajar Papua, Selasa (29/12).

Dikemukakan, sejak Senin pelaku mengambil sebagian foto kronologi di beranda facebook miliknya lalu menduplikasi akun facebook dengan nama NobErtus DituBun lalu meminta pertemanan dengan orang-orang terdekatnya.

Dia mengaku tidak tahu mengapa pelaku menyisipkan huruf kapital ditengah namanya. Sejauh ini sudah banyak teman Nobertus yang dimintai pertemanan.

“Saya takut teman-teman kira itu saya lalu mereka kirim uang,” bebernya.

Nobertus mengatakan, pada Sabtu akhir pekan lalu, pelaku yang juga menduplikat akun facebook Leonardus Kocu yang juga anggota DPRD Mimika meminta pertemanan kepadanya.

“Saya konfirmasi lalu dia inbox minta uang. Kalimatnya sama seperti yang dimuat berita fajarpapua.com,” ujarnya.

Selanjutnya Nobertus meminta pelaku mengirim nomor WA. Pelaku sempat mengirim nomor WA namun menggunakan foto profil orang lain. Tiga menit kemudian barulah diganti foto Leonardus Kocu.

“Saya bel lewat messenger tapi dia tidak angkat. Mungkin karena di tahu saya sudah paham dia tipu akhirnya dia blokir saya di WA dan facebook tapi saya sudah skrinshut nomornya, siapa tahu polisi butuh lacak posisi nomor WAnya. Nomornya 089643797842,” tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *