BERITA UTAMAMIMIKA

Meski Pakai Alat Tua Sampah Timika Bisa Teratasi, Berharap Kelurahan dan Satpol PP Terlibat Aktif !!!

pngtree vector tick icon png image 1025736
12
×

Meski Pakai Alat Tua Sampah Timika Bisa Teratasi, Berharap Kelurahan dan Satpol PP Terlibat Aktif !!!

Share this article
Mokodompit
Limi Mokodompit

Timika, fajarpapua.com – Selama dua tahun ini keluhan sampah Kota Timika secara perlahan bisa teratasi. Ternyata dibalik kerja keras Badan Lingkungan Hidup (BLH) kabupaten Mimika mengatasi persoalan limbah industri rumah tangga itu, tersimpan persoalan cukup pelik yang mesti diperhatikan semua stakeholder terkait.

Dikonfirmasi Fajar Papua di ruang kerjanya, Selasa (26/1), Kepala BLH Kabupaten Mimika Limi Mokodompit mengemukakan persoalan pertama yang cukup serius yakni truk pengangkut, loader, beko (buldozer) di Tempat Pembungan Akhir Iwaka yang dalam kondisi sudah tua.

Klik iklan untuk info lebih lanjut

“Untuk truk-truk bisa lihat di belakang sebagian sudah jadi besi tua. Kalau beko dan loader sejak kabupaten ini terbentuk sampai sekarang masih yang itu-itu saja, sudah tua belum pernah diganti,” ungkap Limi.

Dikemukakan, khusus untuk truk pengangkut sampah, mujur saja tahun 2020 lalu BLH Mimika mendapat bantuan 6 unit dari pemerintah pusat. Direncanakan tahun 2021 ini pempus kembali membantu 10 unit truk.

“Dirjen Limbah B3 ibu Pipin waktu datang ke Timika heran, beliau bilang bisa yah urus sampah hanya andalkan truk tua?. Akhirnya kita dibantu truk enam unit, tahun ini tambah 10 unit,” paparnya.

Ia menyatakan, pihaknya pernah mengajukan pengadaan armada ke tim anggaran namun dicoret. Tidak hanya itu, anggaran dinas juga dikurangi. Padahal saat pengajuan sudah mendapat disposisi prioritas dari Bupati Mimika, dimana menjelang PON dan Pesparawi kebersihan Kota Timika menjadi hal yang sangat penting.

Hal berikut yang menjadi masalah serius yang perlu pemecahan bersama yakni keterlibatan kelurahan/kampung serta Satpol PP dalam pengurusan sampah.

Menurut Limi, beberapa waktu lalu Bupati Mimika pernah bertemu kepala kelurahan dan kampung terkait pengurusan sampah di Kota Timika. Saat itu pemerintah menyumbang motor roda tiga untuk kelurahan dan kampung agar mengangkut sampah menuju tempat penampungan sementara (TPS) yang tersebar di sejumlah titik dalam kota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *