Digilas Zaman, Suara Pembaruan dan Koran Tempo Terpaksa Gulung Tikar, Inilah Daftar Media di Indonesia yang Ditutup

by -
Media cetak

Jakarta, fajarpapua.com – Kehadiran media sosial, media online serta teknologi informasi lainnya yang kian mutakhir menyebabkan banyak media cetak (media konvensional) yang terpaksa gulung tikar.

Hal itu merupakan kado pahit Hari Pers Nasional tahun 2021. Tahun ini, Suara Pembaruan dan Koran Tempo resmi ditutup.

Sebelumnya, Suara Karya, Sinar Harapan, Sinar Pagi, Merdeka, Jayakarta, Angkatan Bersenjata, Berita Yudha, Tabloid BOLA, Topskor, hingga Majalah Hai yang  tutup. Bahkan sekelas indopos juga terpaksa gulung tikar.

banner 300250

Terkait hal itu, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengingatkan media massa konvensional untuk terus berinovasi agar tak digilas oleh perubahan zaman.

Hal tersebut disampaikan Yasonna saat menjadi pembicara kunci pada Konvensi Nasional Media Massa Hari Pers Nasional 2021 yang berlangsung secara virtual, Senin.

“Media harus melakukan berbagai perubahan tayangan sehingga menjadi media yang berbeda. Saat orang jenuh dengan media konvensional, mereka kemudian mencari media alternatif yang sayangnya terkadang tidak memiliki kode etik dan tanggung jawab terkait pemberitaan yang baik dan benar,” kata Yasonna.

Menurut dia, media sudah harus mulai mencari program inovatif dan segar, mengkreasi konten menjadi lebih menarik, melibatkan audiens secara daring dan luring, serta mengeksplorasi berbagai pendekatan baru dalam jurnalismenya.

Yasonna menyadari bahwa perubahan zaman yang disertai perkembangan teknologi informasi dan masifnya penetrasi internet menyebabkan tekanan luar biasa bagi media massa konvensional.

Dia menilai tekanan hebat itu bahkan telah menyebabkan sejumlah media cetak nasional terpaksa “gulung tikar” meski beberapa di antaranya telah beroperasi puluhan tahun.

Tutupnya surat kabar Suara Pembaruan serta berhentinya edisi cetak Koran Tempo dan salam perpisahan yang disampaikan Indopos pada tahun ini disebut Yasonna sebagai kado pahit menjelang peringatan Hari Pers Nasional 2021.

Apalagi beberapa media konvensional seperti Suara Karya, Sinar Harapan, Sinar Pagi, Merdeka, Jayakarta, Angkatan Bersenjata, Berita Yudha, Tabloid BOLA, Topskor, hingga Majalah Hai juga terlebih dahulu telah berhenti cetak.

INFO IKLAN 0812-3406-8145 A valid URL was not provided.