BERITA UTAMAMIMIKA

Jakarta : Sentra Kelautan Mimika Bisa Jadi Episentrum Perikanan Papua

pngtree vector tick icon png image 1025736
9
×

Jakarta : Sentra Kelautan Mimika Bisa Jadi Episentrum Perikanan Papua

Share this article

Jakarta, fajarpapua.com – Potensi hasil laut Mimika diakui tingkat nasional. Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP Artati Widiarti menyatakan, Sentra Kelautan dan Perikanan (SKPT) Mimika, Papua, bisa menjadi episentrum sektor perikanan di Bumi Cenderawasih.

“Harapan kami masyarakat Papua, khususnya Mimika, bisa sejahtera dari sektor kelautan dan perikanan,” kata Artati Widiarti dalam siaran pers di Jakarta, Selasa (16/2).

ads

Artati Widiarti menyatakan optimistis bahwa dengan operasionalisasi SKPT Mimika yang telah berjalan selama beberapa tahun terakhir ini, nelayan dan masyarakat pesisir bisa mendapatkan kesejahteraan.

Menurut dia, sejak dibangun 2017, Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Mimika, Papua menunjukkan hasil yang menggembirakan.

Itu terlihat dari produksi pada 2017 sebesar 17.168 ton menjadi 28.397 ton pada 2018, dan naik lagi menjadi 43.637 ton pada 2019. Kemudian pada 2020, melonjak menjadi 59.686 ton.

Tak hanya mencukupi kebutuhan lokal, produk perikanan Mimika juga menyebar ke pasar domestik seperti 54.990 ton atau 91persen telah menjangkau Surabaya.

Kemudian 8 persen ikan beku dari Mimika dipasarkan ke Jakarta, Merauke, Medan, Semarang, Jayapura dan Makasar. Sedangkan distribusi ikan hidup pada 2020 sebanyak 1.407.347 ekor, didominasi tujuan Jakarta (77 persen), kemudian disusul ke Merauke, Denpasar, Makasar, Jayapura.

“Saya bangga SKPT Mimika sangat produktif dan ini menunjukkan Papua bisa menjadi salah satu kekuatan pangan di sektor perikanan,” kata Artati Widiarti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *