Gelombang Ancam Nyawa Nelayan, Stok Ikan Pasar Sentral Timika Menipis, SEPEKAN LAGI KOSONG !!!

by -
Pasar sentral
Pedagang ikan Pasar Sentral Timika, tampak ikan mulai kosong.

Timika, fajarpapua.com – Sejak dua pekan terakhir, pasokan ikan ke sejumlah pedagang di pasar Sentral Timika menurun. Kondisi demikian dipicu tingginya gelombang laut yang mengancam keselamatan nyawa para nelayan.

Namun para pedagang mengaku belum diberitahu alasan mengapa pasokan ikan menurun.

Harpin, salah seorang pedagang kepada fajarpapua.com di lapak ikan Pasar Sentral, Rabu (24/2) mengatakan, pihaknya belum mendapat penjelasan dari agen mengapa pengiriman ikan selama dua minggu menurun.

“Mestinya mereka jelaskan alasan ke kami supaya kami tahu dan bisa antisipasi. Pak wartawan bisa lihat sendiri saya tidak jual ikan lagi dan hanya jual sontong (cumi) kecil. Biasanya selama ini saya dapat pasokan ikan dari Portsite, tapi selama dua minggu ini kosong. Mungkin karena kondisi laut lagi gelombang besar. Atau memang stok menipis sehingga tidak bisa kirim ke kami di pasar,” kata Harpin.

BACA JUGA:  Jualan Mama-mama Papua di Pasar Sentral Tidak Laku, DPRD Mimika Minta Pemda Tutup Pasar SP 2 dan Gorong-gorong

Dia menuturkan meski stok terbatas, dia dan rekan-rekannya menjual ikan dengan harga standar, tidak ada kenaikan.

“Kalau satu minggu kedepan agen tidak kirim ikan ke pasar bisa jadi pedagang tidak lagi berjualan, stok ikan kosong. Jika ada teman-teman pedagang masih menjual ikan itu stok lama yang mereka jual kasih habis. Stok yang ada sekarang hanya ikan lema, kalau kutilang, kakap, bandeng, ikan merah dan udang itu stok sisa,” bebernya.

Sementara Maryati penjual cakalang asar mengakui stok cakalang yang ada di freesernya masih ada. Sementara dalam dua minggu terakhir tidak ada agen yang mengantar ikan ke pedagang di pasar Sentral.