Serahkan DPA Tahun Anggaran 2021, Bupati Mimika Minta Penggunaan Keuangan Harus Transparan

by -
Foto bersama OPD
Foto bersama OPD

Timika, fajarpapua.com – Bupati Mimika Eltinus Omaleng secara simbolis, Rabu (10/3) menyerahkan Dokumen Pelaksana Anggaran (DPA) Tahun 2021 kepada seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemda Mimika. Penyerahan dilakukan di Pendopo Rumah Negara, yang dihadiri Wakil Bupati Johannes Rettob, Sekda Michael Gomar, ketua DPRD Robby Omaleng dan perwakilan OPD.

Bupati Eltinus dalam sambutannya mengemukakan selaku Bupati dirinya menyampaikan apresiasi kepada pimpinan OPD terkait optimalisasi pembangunan daerah.

Dikatakan, jadwal penyerahan DPA mengalami keterlambatan akibat penggunaan sistem dalam pengelolaan keuangan yaitu sistem informasi managemen daerah (SIMDA) ke sistem informasi pemerintahan daerah (SIMD).

“Namun moment penyerahan ini jangan dimaknai sebatas acara simbolis tapi ini langkah awal OPD untuk laksanakan kegiatan tahun 2021,” tegasnya.

Lanjut dia, rencana pendapatan yang tertulis di DPA adalah target minimal. Setiap OPD harus bisa merealisasikan target yang direncanakan sampai 100 persen. Selain itu, pengelola belanja tidak boleh melampaui rencana.

Sehingga selaku penanggungjawab anggaran di daerah, Bupati menegaskan lima hal ke OPD

Pertama, wajib laksanakan kegiatan yang termuat dalam DPA OPD dengan penuh tanggungjawab, efektif dan efisien. Terapkan sesuai prinsip yang benar.

Kedua, harus melaksanakan penggunaan keuangan sesuai mekanisme yang berlaku agar transparan.

Ketiga, segera membentuk pejabat pengelola keuangan PPK, PPA, PPTK OPD, Bendahara penerima dan bendarara pengeluaran.

Keempat, tetap lakukan evaluasi agar sesuai sasaran yang ingin dicapai.

Kelima, mempertanggungjawabkan keuangan secara teratur untuk mewujudkan laporan keuangan yang efektif, efisien, dan akuntabel.

“Bangun jaringan komunikasi yang sehat. Berikan masukan masyarakat yang objektif dan adil. Pimpinan OPD harus tepat waktu, tepat jumlah, tepat sasaran dan tepat mutu,” harapnya.

Acara diakhiri penyerahan DPA ke semua OPD.(tim)