Soal BLK, Dirjen Minta Dibangun, Bupati Mimika Setuju, Dewan: Gunakan Saja Gedung yang Selama ini Terlantar

by -
DPRD Mimika
Wakil Ketua I DPRD Mimika, Alex Tsenawatme

Timika, fajarpapua.com – Pemda Mimika sebenarnya telah memiliki Gedung Balai Latihan Kerja (BLK) yang terletak di Jalan C Heatubun, Kelurahan Kwamki, Distrik Mimika Baru.

Namun hingga kini keberadaan gedung tersebut seperti “ditelantarkan” dan tidak dimanfaatkan alias terbengkalai. Padahal fasilitas yang ada cukup wah karena beberapa bangunan dibangun berlantai dua.

Dari catatan fajarpapua.com, lokasi tersebut tidak dimanfaatkan karena ada pihak yang mengklaim sebagai pemilik tanah yang belum menerima ganti rugi.

Padahal sebelum dibangun fasilitas BLK, lokasi yang merupakan hibah dari PT Freeport Indonesia kepada Pemda Mimika semasa periode lertama Klemen Tinal sebagai Bupati Mimika tersebut juga sempat digunakan oleh Pos Pemadam Kebakaran Timika.

Namun anehnya, dibanding menyelesaikan permasalahan lokasi gedung BLK tersebut, Pemda Mimika melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi memilih merencanakan membangun gedung BLK baru untuk melatih dan mengasah kemampuan dan keahlian anak- anak Mimika.

BACA JUGA:  Monitoring Harga Komoditas, Komisi B Geram, Masuki Ramadhan Cabai Tembus Rp 140 Ribu Perkilo

Rencana ini merupakan permintaan Dirjen HI dan Jamsostek, Kementrian Tenaga Kerja RI, Sri Retno Isnaningsi saat membuka Pelatihan Undang-undang Ketenagakerjaan dan Hubungan Industrial di Horison Diana Hotel pekan lalu.

Bahkan ia meminta Pemda Mimika dan Dinas Tenaga Kerja dapat berkoordinasi dengan Kementerian Tenaga Kerja agar bisa menyiapkan secara bersama fasilitas yang berhubungan dengan pembangunan BLK ini.

Karena menurutnya, melalui BLK pemerintah bisa menyiapkan kompetensi anak Mimika menghadapi pasar kerja.

“Kementerian pasti membantu yang penting Pemda Mimika berkoordinasi yang berkaitan dengan pembangunannya dan fasilitas peralatannya,” kata Retno.

Menanggapi hal ini Bupati Mimika, Eltinus Omaleng SE, MH mengatakan pihaknya siap membangun BLK untuk melatih anak Mimika supaya mereka siap masuk pasar kerja.