BERITA UTAMAMIMIKA

PHBI Mimika Siapkan 75 Masjid untuk Lokasi Sholat Idul Adha 1442 Hijriah, Roni: Tidak Ada Sholat Ied di Lapangan

cropped cnthijau.png
10
×

PHBI Mimika Siapkan 75 Masjid untuk Lokasi Sholat Idul Adha 1442 Hijriah, Roni: Tidak Ada Sholat Ied di Lapangan

Share this article
Suasana sholat dimasa pandemi
Suasana sholat dimasa pandemi

Timika, fajarpapua.com – Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Mimika menyiapkan 75 masjid sebagai lokasi pelaksanaan Sholat Idul Adha 1442 Hijriah yang jatuh pada 20 Juli 2021 mendatang.

Meski demikian, jamaah yang hendak mengikuti pelaksanakan Sholat Id di masjid yang ditentukan harus mematuhi protokol kesehatan secara ketat mengingat penyebaran virus Covid-19 yang hingga kini belum terkendali.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Sekretaris PHBI Mimika, Roni Irnawan kepada fajarpapua.com, Kamis kemarin mengatakan, sesuai kesepakatan Sholat Idul Adha hanya dilakukan di 75 masjid yang sudah ditentukan.

“Sudah disepakati bersama bahwa tidak ada pelaksanaan Sholat Ied di lapangan. Sesusi kesepakatan, Sholat Ied hanya dilakukan di 75 masjid yang sudah mendapatkan ijin,” ujarnya.

Dikatakan Roni, dalam pelaksanaan Sholat Ied nantinya seluruh pengurus Dewan Kesejahteraan Masjid (DKM) dan panitia di mading-masing masjid harus menerapkan protokol kesehatan dengan ketat seperti memakai masker dua lapis dan menjaga jarak 1,5 meter serta kapasitas masjid diisi hanya 50 persen.

“Pada intinya kita diijinkan untuk melaksanakan sholat di masjid tetapi dengan protokol kesehatan yang ketat sesuai himbauan dari Satgas Covid-19,” katanya.

Sementara iluntuk pelaksanaan penyembelihan hewan qurban Roni mengungkapkan, nantinya seluruh panitia yang terlibat harus mengikuti swab antigen.

Hal ini juga ditegaskan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Reynold Ubra bahwa untuk pelaksanaan penyembelihan hewan kurban akan dilakukan oleh panitia masing-masing 10 orang.

“Sebelumnya panitia harus di swab antigen lalu hanya 10 orang saja yang bekerja, untuk pembagian daging nanti akan di antar ke rumah masing-masing” katanya.

“Kalau takbiran hanya sampai pukul 20.00 dan tidak ada takbir keliling” imbuhnya. (feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *