BERITA UTAMAMIMIKA

Rumah Pasien Covid-19 di Mimika akan Ditempeli Stiker, PPKM Skala Mikro Belum Tekan Kasus Penularan Baru

cropped cnthijau.png
11
×

Rumah Pasien Covid-19 di Mimika akan Ditempeli Stiker, PPKM Skala Mikro Belum Tekan Kasus Penularan Baru

Share this article
Ilustrasi rumah ditempelkan stiker
Ilustrasi rumah ditempelkan stiker

Timika, fajarpapua.com – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Skala Mikro yang diterapkan di Kabupaten Mimika sejak 7 Juli hingga 7 Agustus belum memberikan efek yang optimal menurunkan penularan Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Reynold Ubra kepada wartawan mengatakan hingga kini kasus kematian akibat covid rata-rata 5 kasus dalam sehari.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

“Kalau kita lihat dengan PPKM Skala Mikro kemarin apakah memberikan efek yang optimal?, Ya memang ada tapi belum optimal, karena dalam 23 hari terakhir ini kasus naik,” ujarnya.

Menurut dia, untuk mencapai dan dapat mengurangi kasus yang terus naik tergantung strategi yang dibuat dan disepakati bersama.

“Seperti menerapkan protokol kesehatan secara ketat, juga tracing testing dan jumlah tes yang akan kami tingkatkan. Kami sudah minta puskesmas melakukan rapid antigen untuk semua yang datang di dalam maupun di luar layanan,” katanya.

Dengan begitu, lanjut dia, orang dengan gejala batuk, malaria dan ibu hamil yang dalam pelayanan fasilitas kesehatan akan dilakukan testing melalui rapid antigen.

“Pelayanan dalam fasilitas kesehatan seperti ibu hamil, pasien dengan gejala malaria, pasien dengan pneumonia atau flu dan batuk tetap akan kami lakukan tes antigen,” tuturnya.

“Sementara untuk orang diluar fasilitas kesehatan yaitu dengan melakukan tracing dan testing bagi mereka yang positif kita kasih label ataupun stiker untuk ditempel di rumahnya dan tetap kita awasi bersama,” tambahnya. (feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *