BERITA UTAMAPAPUA

Kodim Yawa Amankan Enam WNA Tanpa Dokumen Resmi di Waropen Papua

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
4
×

Kodim Yawa Amankan Enam WNA Tanpa Dokumen Resmi di Waropen Papua

Share this article
Enam WNA asal China yang ditangkap tanpa dokumen resmi di kampung Sewa Distrik Wapoga Kabupaten Waropen Papua
Enam WNA asal China yang ditangkap tanpa dokumen resmi di kampung Sewa Distrik Wapoga Kabupaten Waropen Papua

Waropen, fajarpapua.com – Personel Kodim 1709/Yawa mengamankan enam warga negara asing (WNA) asal China tanpa dilengkapi dokumen resmi di Kampung Sewa Distrik Wapoga, Kabupaten Waropen Papua, Minggu.

Komandan Kodim (Dandim) 1709/Yawa Letkol Inf Leon Pangaribuan mengatakan enam orang WNA tersebut diamankan personel Koramil 1709-03/Warbah yang dipimpin Danposramil Wapoga Serma Dedy Setiawan.

ads

Ia menjelaskan penangkapan ini berawal dari informasi seorang warga yang mengatakan ada enam WNA yang sedang melakukan aktivitas penambangan emas ilegal di Kampung Sewa, Distrik Wapoga.

“Setelah personel Kodim turun langsung ke lapangan dan mendapatkan 6 orang WNA, kemudian dilanjutkan pemeriksaan, namun warga asing tersebut tidak dapat menunjukkan tanda pengenal maupun dokumen resmi (paspor) dari negara asalnya. Kemudian personel Kodim membawa para WNA utuk dimintai keterangan,” kata Dandim.

Dansim menambahkan, berdasarkan informasi yang diperoleh dalam pemeriksaan, enam WNA tersebut bernama Ge Junfeng (48), Lein Feng (37), Yan Gangping (41), Tan Liguo (54 ), Tan Lihua (58) dan Lu Huacheng (38 ) yang berasal dari negara China.

“Dan baru saja memasuki hari ke-4 keberadaan mereka di Kampung Sewa Distrik Wapoga Kabupaten Waropen,” ujarnya.

Disebutkan Dandim, selain tidak mempunyai dokumen resmi/paspor, enam WNA ini juga tidak memiliki kemampuan berbahasa Indonesia.
​​​​​​​
“Sehingga untuk proses selanjutnya akan kami kawal untuk diberangkatkan ke Korem 173/PVB dan dilanjutkan penyerahan prosesnya kepada Kantor Keimigrasian Biak,” tegasnya.(ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *