Musim Angin Barat, BMKG Timika Himbau Masyarakat Waspadai Hujan Petir dan Angin Kencang

by -
Prakiraan cuaca Timika saat ini
Prakiraan cuaca Timika saat ini

Timika, fajarpapua.com – Memasuki bulan Januari 2022, cuaca ekstrem seperti angin kencang dan hujan disertai petir akan melanda beberapa wilayah di Indonesia, termasuk Mimika.

Forecaster BMKG Timika, Sony Hartono mengatakan kebanyakan intensitas hujan tidak terlalu lama namun hujan yang turun bisa sangat lebat. Untuk itu pihaknya mengimbau masyarakat mewaspadai petir dan angin kencang yang diperkirakan akan terjadi sepanjang bulan Januari.

“Untuk saat ini secara umum di Indonesia sedang terjadi angin barat yang membawa butir-butir hujan, di Timika durasi hujan berlangsung tidak lama, namun perlu diwaspadai petir dan angin kencang,” ujar Sony saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (13/1/22).

Dikatakan, petir dan angin kencang tersebut terjadi karena adanya awan-awan yang bersifat konvektif, seperti awan Towering Cumulus (Cumulus Congestus) dan juga awan Cumulonimbus.

BACA JUGA:  BBMKG Jayapura Prediksi Januari-Februari Puncak Musim Hujan di Papua

“Hujan dari awan cumulonimbus itu biasa sifatnya lebat, ada angin kencang walaupun tidak semua, kemudian disertai petir. Jadi tidak heran kalau akhir-akhir ini cuaca seperti itu,” lanjutnya.

Berdasarkan pantauan BMKG, Sony menyampaikan hujan di bulan ini kemungkinan tidak sampai berdampak banjir karena durasi terbilang singkat.

“Kalau dari curah hujan sendiri di Timika untuk bulan Januari tidak terlalu tinggi. Memang lebat namun durasinya singkat. Sehingga tidak berdampak terjadinya banjir,” ucapnya.

Sementara untuk gelombang laut, relatif normal berkisar 0,5 hingga 1.25 meter, namun tetap diwaspadai karena terdapat angin kencang yang tiba-tiba muncul. (feb)

A valid URL was not provided.