BERITA UTAMAPAPUA

Pesawat Sam Air Diberondong 15 Kali Tembakan di Bandara Kenyam, Ban Depan dan Tangki Bahan Bakar Bocor

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
4
×

Pesawat Sam Air Diberondong 15 Kali Tembakan di Bandara Kenyam, Ban Depan dan Tangki Bahan Bakar Bocor

Share this article
PicsArt 06 07 06.08.42
Foto pesawat SAM Air yang ditembak KKB.

Jayapura, fajarpapua.com– Aksi teror kembali dilakukan oleh Teroris KKB Papua di Bandara Kenyam Kabupaten Nduga.

Kelompok bersenjata ini melakukan penembakan terhadap Pesawat milik Sam Air PK – SMG dengan Penerbangan Wamena – Nduga yang sedang mendarat di Bandara Kenyam pada Selasa (7/6) sekira pukul 10.50 WIT.

ads

Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal saat dimintai keterangan di ruang kerjanya mengatakan saat ditembak pesawat yang diketahui membawa Sembako itu baru saja mendarat.

Saat pilot sedang memarkir pesawat di Area Bandara Kenyam, Kabupaten Nduga, secara tiba-tiba langsung mengalami tembakan.

“Kronologis terjadi saat pesawat mendarat di Bandara Kenyam. Saat kondisi pesawat mati petugas langsung membuka pintu bagasi dan kedua pilot masih dalam pesawat. Tiba-tiba dari arah Alguru pihak KKB melakukan penembakan kearah pesawat tepat sasaran pada pilot,” kata Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal.

Lebih lanjut, Kamal menjelaskan saat penyerangan itu sedikitnya terjadi 15 kali tembakan yang diarahkan ke Bandara Kenyam.

Akibatnya, terdapat beberapa bagian pesawat yang terkena tembakan diataranya Ban Depan Pesawat, Tanki Bahan Bakar (Aftur) dan dua titik di badan pesawat.

Mendengar tembakan itu tim gabungan TNI-Polri langsung mendatangi TKP dan mengamankan Pilot amM Farhan Fachri dan Ko Polit Reza Ariestha Ragainaga ke Polres Nduga.

Meski demikian tidak ada korban jiwa atas kejadian tersebut, namun pesawat Sam Air tidak dapat melanjutkan penerbangan karena mengalami kerusakan pada ban depan pesawat dan tangki bahan bakar yang bocor akibat terkena tembakan.

“Saat ini Bandara Udara Kenyam sudah dapat dikuasi oleh aparat keamanan, dan melakukan pengamanan di seputaran Bandara Udara Kenyam,” ujar Kabid Humas Polda Papua.

Selanjutnya pada Pukul 15.30 Wit, Pilot dan Ko Pilot telah dievakuasi menuju Kabupaten Jayapura dari Kabupaten Nduga dengan menggunakan Pesawat Twin Otter Sam Air.

“Kita masih mendalami apa motif aksi serangan ini. Jelas sasaran mereka adalah pihak aparat dan masyarakat. Perkembangan selanjutnya nanti akan kami laporkan kembali,” tutupnya. (hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *