BERITA UTAMAPAPUA

Stok Obat Malaria Jenis Darplex di Papua Kosong, Saat Ini Terpaksa Gunakan Obat Kina

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
50
×

Stok Obat Malaria Jenis Darplex di Papua Kosong, Saat Ini Terpaksa Gunakan Obat Kina

Share this article
IMG 20220711 WA0020
Foto: HSB Kadinkes Kabupaten Jayapura, Khairul Lie

Jayapura,fajarpapua.com– Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, Khairul Lie menyatakan, hingga saat ini stok obat malaria jenis Darplex masih kosong di Papua.

ads

Pasalnya, obat malaria Darplex dinyatakan oleh Kemenkes secara nasional stoknya kosong.

“Obat malaria Darplex sampai sekarang masih kosong karena obat ini import dari luar negeri, jadi kita sekarang gunakan obat kina,” kata Khairul Lie, Senin (11/7/2022).

Ia mengaku pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pusat untuk penyediaan obat malaria, tetapi kondisi yang terjadi secara nasional juga mempengaruhi ketersediaan obat malaria di Papua, khususnya di Kabupaten Jayapura.

“Jadi kita tunggu dari pusat dan saya sudah perintahkan kabid yang tangani obat itu, untuk komunikasi dengan Kemenkes untuk pengadaannya,”ujarnya.

Untuk itu, lanjut Khairul Lie, masyarakat diminta tidak perlu takut karena masih ada lini kedua yakni obat malaria kina.

“Kita punya lini ke dua yaitu kina, stok obat laria tidak ada tetap pakai kina dan kita tetap obati pasien dengan kina.

Ia mengaku, bhawa saat ini masih ada stok di Puskesmas, tetapi jumlahnya sudah menipis.

“Kekosongan obat ini bukan saja terjadi di Papua, tapi di seluruh Indonesia. Kita sudah upayakan dalam bulan ini dan Kemenkes pun sudah janji pengadaanya,”tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Edward Sihotang, menambahkan pihaknya telah melakukan komunikasi dengan kemenkes sebagai penyedia obat program malaria pemerintah.

“Bulan Agustus dipastikan Obat malaria lini 1 tiba yaitu DHP/Darplex. Stok kosong karena masalah lockdown di negara China sehingga produksi menjadi terhambat,” ucapnya.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *