BERITA UTAMAPAPUA

KNPI Gelar Rapimpurda, Pemuda Diminta Tak Hanya Berpikir Politik, Jauhi Narkoba dan Miras

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
6
×

KNPI Gelar Rapimpurda, Pemuda Diminta Tak Hanya Berpikir Politik, Jauhi Narkoba dan Miras

Share this article
IMG 20220714 WA0005
Dr.Drs Joko Sunaryo

Jayapura, fajarpapua.com – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Jayapura menggelar rapat pimpinan paripurna daerah (Rapimpurda).

Pelaksanaan Rapimpurda KNPI Kabupaten Jayapura ini dibuka Asisten II Setda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Jayapura, Dr.Drs Joko Sunaryo yang dihadiri seluruh OKP KNPI bertempat di Hotel Horex Sentani, Rabu (13/7/2022).

ads

Joko Sunaryo mengatakan pelaksanaan Rapimpurda ini menjadi tonggak awal dari KNPI untuk menjadi mitra bagi pemerintah Kabupaten Jayapura dalam membangun daerah, karena itu pemuda harus menjadikan kabupaten ini sebagai rumahnya sendiri.

KNPI Kabupaten Jayapura harus menjadi tuan rumah yang baik untuk mengawal pembangunan, sebab KNPI juga jadi tempat laboratorium pemuda, dimana pemuda yang ada di dalamnya suatu saat akan jadi pemimpin,” ujar Sunaryo.

Pemerintah berharap kepada KNPI agar tidak hanya berpikir politik, tetapi bagaimana membangun kebersamaan karena pemuda yang dibangun di bangsa Indonesia ini adalah bagaimana dalam merangkul semua suku yang ada menjadi satu dan tidak membeda-bedakan suku.

“Kita pemuda sejak dulu sudah dipersatukan, jadi mari kita sama-sama membangun daerah kabupaten ini, dan apapun yang menjadi kendala hendaknya diselesaikan bersama-sama. Sebab anak muda juga menjadi salah satu tulang punggung bangsa kita,” katanya.

Sunaryo berharap setelah Rapimpurda, KNPI, OKP yang ada agar mendukung Kongres Masyarakat Adat Nusantara yang akan berlangsung di Kabupaten Jayapura pada bulan Oktober 2022 mendatang. “Tugas kaum muda yiatu menciptakan keamanan pada saat kongres ada nusantara berlangsung nanti karena keamanan ini adalah yang paling utama di jaga dan bisa mensosialisasikan kepada siapapun yang datang bahwa Papua khususnya Kabupaten Jayapura itu aman dan tidak ada yang konsumsi narkoba, miras yang melibatkan KNPI nanti,”tambah Sunaryo.

Sementara itu, Ketua Panitia Rapimpurda KNPI Kabupaten Jayapura, David Suebu menjelaskan, adalah amanat anggaran dasar, rumah tangga dalam rangka menuju ke Musda KNPI Kabupaten Jayapura.

Pada pelaksanaan Musda nanti ada tiga hal penting yang harus diputuskan peserta Rapimpurda yaitu pertama waktu pelaksanaan Musda, peserta Musda dan tema Musda.

“Yang hadir Rapimpurda ada sekitar 114 OKP yang telah memenuhi syarat untuk memutuskan menuju kepelaksanaan Musda yang rencana akan dilaksanakan pada tanggal 30 Juli 2022,”kata David Suebu.

Ia menjelaskan, dalam Rapimpurda juga akan memutuskan syarat-syarat bakal calon ketua KNPI Kabupaten Jayapura sesuai dengan syarat AD/RT salah satunya berusia 40 tahun dan sehat sehingga bisa menjalankan program-program yang ada dalam KNPI guna mendukung pemerintah.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *