BERITA UTAMAPAPUA

Harga Resmi Naik, Pertamina Pastikan Stok BBM di Papua Aman Hingga 20 Hari Kedepan

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
4
×

Harga Resmi Naik, Pertamina Pastikan Stok BBM di Papua Aman Hingga 20 Hari Kedepan

Share this article
IMG 20220903 WA0071
Foto: HSB Nampak petugas SPBU sedang melayani pengisian BBM seorang pengendara sepeda motor.

Jayapura, fajarpapua.com- Pemerintah hari ini resmi menaikkan harga BBM bersubsidi jenis pertalite dan solar terkait dengan adanya peningkatan subsidi dari APBN.

Pemerintah menetapkan harga baru Pertalite menjadi Rp 10.000 dan solar menjadi Rp 6.800 sesuai dengan Kep Men ESDM no. 218.K/MG.01/MEM.M/2022.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting menjelaskan dalam beberapa bulan terakhir ini juga harga Pertamax tidak disesuaikan secara berkala mengikuti tren ICP, sehingga sampai dengan saat ini harga jual Pertamax terdapat selisih dengan harga keekonomian.

“Tercatat sejak Maret hingga September 2022, BBM RON 92 yang setara Pertamax sudah disesuaikan secara berkala oleh badan usaha lain, sedangkan Pertamax baru sekali penyesuaian harga pada April lalu,” jelas Irto, Sabtu (3/9).

Sementara itu Area Manager Communication Relations & CSR Papua Maluku, Edi Mangun mengatakan pihaknya sudah dilakukan penyesuaian harga pada dispenser yang ada di setiap SPBU di wilayah Papua Maluku.

“Perubahan harga pada mesin dispenser yang dilakukan tadi tidak mengalami kendala di lapangan. Sehingga pelayanan terhadap konsumen dapat berjalan dengan lancer setelah mesin dispenser berhasil disesuaikan,” ucap Edi.

Edi juga melanjutkan, penyesuaian harga ini akan terus diimbangi dengan ketersediaan stok serta jaminan distribusi ke seluruh SPBU di Indonesia. Pertamina menjamin akan penyaluran BBM yang merata bagi masyarakat.

“Kondisi stock BBM subsidi maupun non subsidi yang ada di wilayah Papua Maluku dalam kondisi Aman. Ketahanan stock pertalite tercatat pada tingkat 23 hari, Solar pada tingkat 24 hari dan Pertamax dengan ketahanan 28 hari. Dengan rata-rata ketahanan produk diatas 20 hari tersebut maka dinilai posisi ketahanan stock Papua Maluku dalam kondisi Aman” Tambah Edi.

“Ini adalah komitmen Pertamina dalam menjaga ketahanan energi nasional. Dari segi harga, tetap dijaga pada tingkat yang paling kompetitif. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir, dan dihimbau dapat membeli dan mengkonsumsi BBM sesuai dengan kebutuhannya.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *