BERITA UTAMAPAPUA

Empat Distrik di Mamberamo Tengah Bebas Malaria, BAB Sembarang Masih Jadi Masalah

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
8
×

Empat Distrik di Mamberamo Tengah Bebas Malaria, BAB Sembarang Masih Jadi Masalah

Share this article
IMG 20221006 WA0053
Foto: Istimewa Plt. Bupati Mamberamo Tengah, Yonas Kenelak saat menandatangani komitmen bebas malaria.

Jayapura, fajarpapua.com- Plt. Bupati Mamberamo Tengah, Yonas Kenelak mengungkapkan empat dari lima distrik di wilayahnya dinyatakan telah bebas dari penularan penyakit malaria.

“Yang masih ada malaria itu hanya di Distrik Taria, itu pun karena berbatasan dengan daerah Mamberamo Raya,”kata Plt. Bupati Mamberamo Tengah, Yonas Kenelak.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Namun demikian lima distrik yang ada Mambramo Tengah belum bebas buang air besar (BAB) sembarang, masih ada penduduk yang BAB sembarang baik di saluran, sungai dan pinggir pantai.

“Buang air besar sembarang ini sudah lama terjadi dan dianggap hal biasa bagi warga. Mereka masih BAB sembarang ya di luar,”ucap Yonas Kenelak.

Dikatakan masalah BAB sembarang ini terus disosialisasikan pada masyarakat agar jangan buang air besar sembarang karena hal ini bisa berdampak bagi masyarakat disekitarnya.

“Memang sebagian warga sudah mulai punya MCK, kita harap kedepan masyarakat tidak lagi BAB sembarang,”ungkapnya.

Untuk menangani masalah BAB sembarang ini, Pemkab Mambramo Tengah juga telah bekerjasama dengan UNICEF bersama Dinas Kesehatan setempat dan memberikan himbauan pada masyarakat jangan BAB sembarang.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *