BERITA UTAMAPAPUA

Beragam Tanggapan dan Ucapan Terimakasih dari Masyarakat Lima Distrik Kepada PJ Bupati Mappi

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
6
×

Beragam Tanggapan dan Ucapan Terimakasih dari Masyarakat Lima Distrik Kepada PJ Bupati Mappi

Share this article
IMG 20221007 WA0070
Warga tak canggung foto bersama Pj Bupati Mappi.

Mappi, fajarpapua.com – Masyarakat lima Distrik di Kabupaten Mappi mengapresiasi serta mengucapkan terimakasih kepada Penjabat Bupati Mappi, Michael R. Gomar S.STP,M.Si yang turun mengecek langsung kondisi sarana dan prasarana (Sarpras), pembangunan, hingga pelayanan publik di distrik hingga kampung.

Dalam kunjungan kerjanya tersebut PJ Bupati Mappi mengunjungi lima distrik di Kabupaten Mappi yakni Distrik Edera, Distrik Yakomi, Distrik Venaha, Distrik Syachme dan Distrik Bamgi.

ads

Ragam pujian dan ucapan terimakasih diungkapkan masyarakat kepada PJ Bupati Mappi atas kunjungan kerjanya yang langsung mendengar keluhan, kendala, saran dan masukan dari masyarakat.

Sejumlah perwakilan masyarakat menyampaikan bahwa harapan mereka untuk bertemu serta melakukan dialog secara langsung dengan PJ bupati akhirnya terwujud.

Bupati Gomar mendatangi lima distrik selama lima hari mulai tanggal 3 hingga 7 Oktober 2022. Selama kunjungan tersebut, Bupati menghadapi kondisi geografis dan medan yang susah dijangkau dengan transportasi darat yang membuat PJ Bupati bersama rombongan mengunjungi setiap distrik menggunakan speedboat.

Hampir di setiap Distrik dan Kampung yang dikunjungi PJ Bupati rombongan selalu disambut antusias dengan tarian adat masyarakat setempat.

Selama pelaksanaan kegiatan hampir di setiap Distrik dan Kampung, Bupati Gomar meminta masyarakat untuk menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif, mendukung tahapan hingga pelaksanaan tahun politik 2023 hingga pesta demokrasi di tahun 2024, penyaluran dan alokasi DD harus tepat sasaran. Kepada para petugas distrik hingga puskesmas PJ Bupati menekan harus terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di distrik hingga kampung.

Ragam tanggapan positif diungkapkan masyarakat atas kunjungan PJ Bupati Mappi mulai dari,
Ketua Dewan Adat Distrik Eidera, Ipolitus D. Yikamtahae yang mengatakan dirinya beserta masyarakat suku Auyu Laut yang di dalam terdapat 5 distrik sangat bersyukur atas kunjungan PJ Bupati Mappi.

“Kami sangat senang dan berterimakasih atas kunjungan bapak Bupati yang datang langsung melihat daerah kami serta berdialog langsung dengan kami masyarakat disini. Kami merindukan seorang pemimpin, seorang bapak seperti bapak Bupati yang langsung turun dan melihat kondisi kami di masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Klemen Maye kepala Kampung Yame Distrik Yakomi berterimakasih kepada Bupati Mappi yang sudah berkunjung ke wilayah tersebut.

Kata dia hal itu menjadi satu kehormatan bagi mereka diwilayah itu, mengingat letak Kampung Yame dari Kota Kepi sangat jauh. Namun dengan kerendahan hati Bupati bisa turun langsung melihat masyarakat di kampung – kampung.

“Kami sangat bergembira atas kunjungan bapak Bupati, dengan senang hati kami sambut bapak Bupati dengan tarian adat kami di Kampung Yame,” ucapnya.

Dalam kesempatan berbeda tokoh masyarakat Distrik Yakomi, Bruno Misa mengatakan kunjungan Bupati ini menjadi awal dan harapan baru bagi masyarakat.

“Kehadiran bapak Bupati ini menjadi awal yang baru serta membangkitkan harapan baru bagi kami disini. Dimana berbicara pendidikan kesehatan ekonomi masyarakat Bapak Bupati datang langsung kesini dan langsung berbicara dengan masyarakat itu sendiri.
Distrik Yakomi sangat jauh dari kota tetapi bapak bisa datang dan bertemu kami disini sesuatu hal yang sangat luar biasa bagi kami,” tuturnya.

Selain itu kepala Kampung Kobeta, Yosep mengucapkan terimakasih kepada Bupati Mappi yang sudah datang ke Distrik Syachme bahkan kerinduan untuk mengajak Bupati melihat kondisi pembangunan di Kampung Obeta yang jaraknya 20 menit dari Kantor Distrik terwujud. PJ Bupati langsung mengunjungi Kampung Obeta untuk melihat tempat ibadah dan sekolah di kampung tersebut dengan menggunakan speedboat.

“Kami sangat senang bapak bupati bisa datang dan melihat kampung kami,” ucapnya

Di waktu berbeda saat tiba di Distrik Bamgi, Bupati Mappi kembali disambut oleh kepala distrik dan masyarakat di Pelabuhan Distrik.

Kepala Distrik Bamgi, Agustinus Mayabubun dalam sambutannya mengapresiasi serta berterimakasih atas kunjungan kerja Bupati ke distrik tersebut.

“Masyarakat sangat merindukan kehadiran bapak, karena terus terang saja karena hampir jarang pimpinan bupati sebelumnya berkunjung ke distrik berdasarkan laporan dari masyarakat. Atas nama kepala Pemerintahan Distrik Bamgi dan masyarakat saya mengucapkan terimakasih bapak sudah datang ke Distrik kami,,” ungkapnya.

Untuk diketahui PJ Bupati mendatangi lima Distrik di Pelosok Mappi dengan menggunakan speedboat. Karena kondisi geografis yang cukup sulit untuk dijangkau PJ Bupati bersama rombongan harus menginap satu malam di setiap distrik bersama masyarakat.

Sementara di Distrik Venaha antusias masyarakat begitu besar menunggu kedatangan PJ Bupati bersama rombongan. Bahkan masyarakat melakukan tarian adat dari Pelabuhan hingga di Kantor Distrik Venaha sebagai ungkapan syukur atas kunjungan PJ Bupati.

Menurut mereka bahwa Distrik Venaha salah satu distrik di ujung Kabupaten Mappi dan paling jauh dari kota Kepi tetapi PJ Bupati bisa hadir bertemu dengan masyarakat dan bermalam di rumah warga di Distrik tersebut.

Sementara itu Kapolsek Edera AKP Jainal Amrin, yang wilayah hukum membawahi 5 Distrik tersebut mengungkapkan, dengan adanya kunjungan kerja penjabat bupati sangat luar biasa, dan sebagai Kapolsek Edera yang membawai lima distrik, tentu sangat mengapresiasi kunjungan Bupati. Dengan kehadiran beliau saat ini telah menjawab penantian masyarakat terhadap sosok pimpinan daerah Kabupaten Mappi yang dinanti-nantikan.

“Harapannya, dengan kunjungan kerja seperti ini perlu dilakukan lagi, supaya masyarakat bisa termotivasi. Karena ada imbauhan yang disampaikan oleh penjabat bupati terkait dengan banyak hal yang langsung didengar oleh masyarakat di lima distrik, dan masyarakat sangat merespon dengan baik dan positif,” ungkapnya.

Kata dia, dengan kunjungan kerja secara langsung oleh penjabat bupati, tentu dari lima distrik banyak masyarakat yang berikan masukan terkait dengan pelayanan situasi kamtibmas di kampung-kampung.

“Perlu diketahui jarak yang kami tempu dari distrik ke distik tentu sangat jauh, karena ditempuh dengan jalur-jalur sungai, dengan kehadiran bapak PJ Bupati membawah harapan baru bagi masyarakat,”tegasnya.

Sejumlah masyarakat di Distrik – Distrik mengaku kagum dan senang dengan sosok PJ Bupati Mappi. Pasalnya tidak hanya saat dialog bersama di balai Distrik pada siang hari namun di malam hari masyarakat masih bisa berdiskusi santai bersama PJ Bupati Mappi.

“Kami masyarakat sangat merasa bahagia, Bapak Bupati bisa datang berkunjung ke Distrik dan Kampung, bertemu berdiskusi, bermalam tidur di Distrik, duduk makan, minum kopi dan makan pinang bersama masyarakat. Kami kaget dan tidak bayangkan kepribadian Bapak Bupati yang sangat senang bergaul dan bercerita dan bercanda bersama masyarakat, PNS, Pegawai Kontrak Daerah, petugas nakes, guru- guru dan tokoh adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat,” ungkap sejumlah petugas Medis dan Guru yang ditemui di 5 Distrik yang dikunjungi,” ujarnya.

Dalam kunjungan kerja tersebut PJ Bupati Mappi mendapat hadiah dari masyarakat di setiap distrik dengan memasangkan mahkota cenderawasih dan bulu kasuari di kepala Pj Bupati. Hadiah lainnya juga yang diberikan oleh masyarakat berupa babi, ayam kampung, buah pinang, dan rusa sebagai penghargaan ucapan terima kasih dari masyarakat atas kunjungan Pj Bupati.

Sementara 9 Distrik lainnya akan kembali dikunjungi PJ Bupati dan rombongan yang akan dilaksanakan pekan depan.(MPI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *