BERITA UTAMAPAPUA

Usulkan Sekda Hana Hikoyabi Jadi Penjabat Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw: Jangan Bermain Politik Kotor Lah…

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
4
×

Usulkan Sekda Hana Hikoyabi Jadi Penjabat Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw: Jangan Bermain Politik Kotor Lah…

Share this article
IMG 20221009 WA0017
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw

Jayapura, fajarpapua.com- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jayapura, Hana Hikoyabi diusulkan menjadi penjabat (Plt) kepala daerah untuk mengisi kekosongan jabatan Bupati Jayapura yang akan berakhir pada Desember 2022 mendatang.

Usul ini disampaikan Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw saat di wawancarai wartawan terkait nama Plt. Bupati Jayapura pengganti dirinya di Sentani, Minggu (9/10).

ads

“Kita sudah ajukan Sekda Kabupaten Jayapura yang harus jadi penjabat, dan itu mutlak, mengapa? karena ini hanya mengurus administrasi. Dan APBD 2022-2026 pun kita sudah tetapkan serta RPJMD antar waktu,” kata Bupati Mathius Awoituw.

Menurutnya, pelaksana tugas bupati itu nantinya hanya menjalankan anggaran maupun program yang sudah ditetapkan.

Selain itu, kata dia, Sekda adalah ketua tim anggaran, sehingga ia sangat mengetahui bagaimana menjalankan anggaran tersebut dibantu oleh asisten dan staf lainnya.

“Penentuan Plt. bupati ini tak boleh diintervensi untuk kepentingan politik. Ini saya lihat banyak monuver politik, untuk apa masuk ke wilayah itu. Plt. kan dimana-mana Sekda, jadi jangan bermain politik kotor lah, dan sesama orang Papua harus menghargai, saling dukung,” jelas Bupati Awoitauw.

Ia menjelaskan, Plt. kepala daerah saat ini diisi langsung oleh sekretaris daerah agar tidak mengganggu pelaksanaan tugas dan fungsi para aparatur sipil Negara (ASN) dalam melaksanakan program pembangunan daerah maupun nasional, pelayanan publik serta persiapan penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada 2024.

Bupati dua periode ini menyampaikan usulan Sekda menjadi Plt. kepala daerah akan segera disampaikan kepada Gubernur Papua untuk selanjutnya diteruskan ke Menteri Dalam Negeri agar bisa segera diproses.

“Kita harap Plt. harus segera ada mengigat jabatan Bupati dan Wakil Bupati Jayapura akan berahir pada awal Desember mendatang,” tuturnya.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *