BERITA UTAMAPAPUA

Jaringan 3G Akan Dialihkan, Telkomsel Ajak Pelanggan Gunakan Jaringan 4G

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
6
×

Jaringan 3G Akan Dialihkan, Telkomsel Ajak Pelanggan Gunakan Jaringan 4G

Share this article
IMG 20221014 WA0050
Foto: Istimewa Nampak pelanggan Telkomsel Merauke saat mengurus migrasi jaringan ke 4G.

Timika, fajarpapua.com– Telkomsel akan segera mengalihkan layanan jaringan 3G ke 4G/LTE secara bertahap dan terukur di seluruh kota di Indonesia.

Salah satunya adalah Kabupaten Merauke yang dijadwalkan berlangsung pada Oktober ini.

ads

Manager Telkomsel Branch Timika Ondo Hariduan Putra menjelaskan pengalihan layanan ini sesuai dengan arahan pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI.

“Layanan 3G nantinya akan dinonaktifkan secara permanen dan tidak dapat dinikmati kembali. Maka dari itu, kami mengajak kepada seluruh pelanggan Telkomsel, khususnya di Kabupaten Merauke untuk dapat menggunakan layanan 4G atau LTE,” ujarnya dalam rilis yang diterima fajarpapua.com, Jumat (14/10).

Bagi pelanggan yang masih menggunakan kartu SIM lama (hanya bisa dipakai di jaringan 2G/3G) untuk dapat beralih menggunakan kartu uSIM 4G. Proses pergantian ke kartu uSIM ini biasa disebut dengan migrasi kartu.

“Pelanggan bisa mengecek melalui USSD Menu Browser di 88847# untuk mengetahui apakah sudah menggunakan kartu uSIM 4G atau belum. Dengan beralih ke kartu uSIM 4G, maka pelanggan dapat menikmati layanan yang lebih nyaman dan berkualitas didukung dengan jaringan 4G/LTE yang handal,” tambah Ondo.

Pelanggan juga tidak perlu khawatir terkait perubahan nomor yang saat ini digunakannya, karena yang berganti hanyalah fisik kartunya saja, sedangkan nomor dan paket yang dimiliki pelanggan tidak mengalami perubahan.

Bagi pelanggan yang telah sukses melakukan migrasi kartu, Telkomsel memberikan tambahan kuota khusus di jaringan 4G/LTE secara gratis mulai dari 15GB hingga 30GB.

Sementara itu Manager Network Service Telkomsel Timika Petrus DN Febrianto mengungkapkan kesiapan Telkomsel dari sisi perangkat dan jaringan.

“Seluruh perangkat BTS yang beroperasi di Kabupaten Merauke sudah di-upgrade dan berteknologi 4G/LTE. Lokasinya tersebar secara merata untuk melayani kebutuhan akses jaringan broadband hingga ke wilayah 3T,” ungkap Petrus.

Pengalihan jaringan ini khusus untuk layanan 3G saja, sedangkan layanan 2G masih dapat dinikmati.

“Pelanggan yang masih menggunakan handphone jadul (hanya bisa digunakan telepon dan SMS saja) masih dapat menggunakan layanan 2G yang tetap beroperasi. Namun, kami menyarankan kepada pelanggan agar beralih menggunakan layanan 4G/LTE agar bisa menikmati layanan broadband atau internet dengan maksimal,” tambah Petrus. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *