BERITA UTAMAPAPUA

Tragis! Hanya Dalam Semalam Ratusan Kepala Keluarga di Jayapura Kehilangan Tempat Tinggal dan Harta Benda

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
6
×

Tragis! Hanya Dalam Semalam Ratusan Kepala Keluarga di Jayapura Kehilangan Tempat Tinggal dan Harta Benda

Share this article
IMG 20221112 WA0049
Mobil water cannon milik Polda Papua diturunkan untuk membantu memadamkan api yang menghanguskan Rusunawa Pasar Dok IX Kota Jayapura.Foto: Istimewa

Jayapura, fajarpapua.com– Nasib tragis menimpa ratusan kepala keluarga yang bermukim di dua wilayah Kota Jayapura.

Bagaimana tidak, hanya dalam semalam mereka terpaksa harus kehilangan tempat tinggal dan harta benda mereka akibat amukan sijago merah.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Musibah pertama menimpa warga yang bertempat tinggal di pemukiman padat di Rusunawa Pasar Inpres Dok IX Distrik Jayapura Utara.

Laporan kebakaran ini, diterima pihak Kepolisian api pertama menyala di Dok IX pada pukul 19.15 WIT.

Kabag Ops Polresta Jayapura Kota AKP Hanafi mengatakan jumlah korban kebakaran di Dok IX untuk sementara yang berhasil dihimpun sebanyak 135 kepala keluarga.

“Api menghanguskan sebanyak 21 kamar di lokasi Rusunawa dan 12 bangunan non permanen yang merupakan toko, kios serta rumah sewa,”kata Kabag Ops AKP Hanafi.

Ia menjelaskan, untuk asal mula api yang terjadi di TKP Dok IX diduga berasal dari kabel listrik di Rusunawa, kemungkinan karena korsleting listrik.

Namun tim identifikasi Sat Reskrim Polresta Jayapura Kota bersama reskrim Polsek Jayapura Utara kini sementara melakukan Olah TKP penyebab kebakaran.

Sementara untuk kerugian material akibat kebakaran di Rusunawa Pasar Dok IX diperkirakan mencapai Rp 3 miliar.

“Untuk di Dok IX api berhasil dipadamkan dua jam kemudian dengan dibantu oleh Mobil Pemadam Kebakaran milik Pemerintah Kota Jayapura dan AWC dari Polda Papua, Brimbobda Papua dan Polresta Jayapura Kota, semuanya dikerahkan untuk mempercepat pemadaman api,” tandasnya.

Berselang dua jam dari kebakaran di Rusunawa Pasar Dok IX, petugas kembali menerima laporan kebakaran kedua yang terjadi di pemukiman warga tepatnya dibelakang Hotel Bunga Youtefa Distrik Abepura.

AKP Hanafi mengungkapkan dalam peristiwa ini empat petak kamar kos di lantai dua milik Falim Lanuri (43), dimana kerugian materil diperkirakan mencapai Rp 300 juta.

“Dugaan sementara menurut keterangan saksi api berasal dari arus pendek listrik yang terjadi di salah satu kamar kos, dimana api cepat menyebar namun dapat dipadamkan sebelum merambat ke rumah lainnya,” pungkasnya.

Kabag Ops pun menambahkan, dari dua kejadian tersebut tidak terdapat korban jiwa, namun ratusan kepala keluarga terpaksa kehilangan tempat tinggalnya.

“Kami masih akan lakukan pendalaman dan pendataan di lokasi kejadian guna mengetahui secara pasti awal mula api menyala, tim identifikasi kini sedang bekerja di lapangan dengan melakukan Olah Tempat Kejadian Perkara,” imbuhnya.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *